Pengamat Politik Sebut Risma Layak Jadi Menteri Jokowi

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:00 WIB
PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang dan tiga daerah sepakat menerapkan masa transisi menuju new normal. Untuk itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta warga menjaga kepercayaan dari pemerintah.
Wali Kota Risma (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut pengamat layak masuk bursa calon menteri usai Presiden Jokowi menyinggung soal resuffle kabinet. Pasalnya, selain dari kalangan partai penguasa, Wali Kota Risma juga merupakan seorang birokrat.

"Menurut saya masih layak karena posisi beliau di PDIP juga strategis bisa mendapat jatah dari kader partai dan birokrat," terang Pengamat politik Surokim Abdussalam saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/7/2020).

Ditanya pos menteri apa yang layak dijabat Risma? Surokim menilai pantas menduduki kursi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Alasannya, Risma merupakan berlatarbelakang birokrat dan pos menteri itu merupakan jatah partai.

"Menurut saya Menpan-RB," ujar singkat pria yang juga peneliti di Surabaya Survey Center (SSC) itu.

"Alasannya karena latar belakang kepala daerah birokrat, itu jatah PDIP dan untuk konteks kekinian untuk e-gov beliau punya pengalaman dan kapasitas," jelasnya.

Namun demikian, lanjut Surokim, jikapun benar akan ditawari menjadi menteri, Risma diprediksi akan menolaknya. Karena wali kota 2 periode itu akan menuntaskan jabatannya di Surabaya.

Tonton video 'Risma Sujud ke IDI, dr Sudarsono Beri Penjelasan':

Selanjutnya
Halaman
1 2