Penghasilan Penjual Es Tebu Cantik di Mojokerto Bikin Geleng-geleng Kepala

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 17:30 WIB
penjual es tebu cantik
Penjual es tebu cantik (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Warung es tebu dengan penjualnya yang berparas cantik sudah menjamur di Jalan Raya Bypass Mojokerto. Namun tuntutan berpenampilan cantik untuk menarik pembeli ternyata tak sebanding dengan penghasilan yang mereka terima.

Fenomena penjual es tebu cantik ini mudah dijumpai di Bypass Mojokerto antara simpang 4 Mertex di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar sampai tugu perbatasan wilayah Kota dengan Kabupaten Mojokerto. Di sepanjang kanan dan kiri jalan nasional ini setidaknya terdapat 18 warung es tebu.

Setiap warung dijaga 1-2 perempuan cantik. Keberadaan para perempuan ini menjadi magnet bagi para pengguna jalan. Usia mereka ada yang sudah dewasa, ada pula yang masih 16-17 tahun.

Selalu berpenampilan cantik sudah menjadi tuntutan untuk menarik pembeli. Terlebih lagi, warung-warung es tebu ini bersaing satu sama lain. Ternyata, penghasilan yang diterima para perempuan tersebut tidak sebanding dengan penampilan yang harus mereka jaga.

penjual es tebu cantikpenjual es tebu cantik (Foto: Enggran Eko Budianto)

Seperti yang dikatakan SK, penjual es tebu di Jalan Bypass Mojokerto. Gadis cantik berusia 16 tahun ini mengaku hanya dibayar Rp 40.000 sehari. Dia harus bekerja mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

"Kalau warung tutup langsung dibayar Rp 40.000. Saya bagi dengan teman saya yang menemani. Saya terima Rp 20.000," kata siswi kelas XI SMK di Kota Mojokerto ini kepada wartawan di tempatnya berjualan, Kamis (2/7/2020).

Pekerjaan SK di warung es tebu memang tidak terlalu berat. Tugasnya hanya melayani pembeli. Yaitu menuangkan es batu dan sari tebu ke dalam gelas, serta mencuci gelas-gelas kotor. Sementara menggiling tebu menjadi tugas pemilik warung.

"Daripada libur sekolah menganggur, lebih baik saya kerja begini. Lumayan hasilnya buat jajan saya sendiri," terang gadis asal Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2