Pra-Ekskavasi Situs Kumitir, Ini Fakta yang Diungkap Arkeolog

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 17:37 WIB
situs kumitir
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim menggelar pra-ekskavasi di situs Kumitir, Mojokerto. Dalam kegiatan persiapan ekskavasi skala besar Agustus nanti ini, para arkeolog mengungkap beberapa fakta baru.

Pra-ekskavasi situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo digelar selama 3 hari. Yaitu mulai 29 Juni sampai 1 Juli. Tim dari BPCB Jatim melakukan tes pit atau membuat lubang uji di 9 titik untuk mencari struktur talud yang masih terpendam.

Penggalian arkeologis ini melibatkan 20 orang. Yaitu 10 dari BPCB Jatim dan 10 tenaga penggali dari warga Desa Kumitir.

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, kegiatan pra-ekskavasi salah satunya untuk membuktikan ukuran dan bentuk talud yang mengelilingi situs Kumitir. Sebelumnya pihaknya mempunyai hipotesis, situs pendarmaan Raja Singasari ini dikelilingi tembok penguat tanah berbentuk persegi panjang 400 x 250 meter.

"Pra-ekskavasi juga untuk menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk ekskavasi Agustus nanti. Yaitu volume kerja, tenaga dan waktu yang dibutuhkan, serta kompensasi yang akan kami berikan kepada para pemilik lahan yang dilalui ekskavasi," kata Wicaksono kepada wartawan di lokasi, Rabu (1/7/2020).

Selama 3 hari pra-ekskavasi, lanjut Wicaksono, pihaknya menemukan struktur dari bata merah bagian dari talud kuno di 8 titik kotak penggalian. Yaitu bagian dari struktur talud sisi utara, barat dan selatan. Hanya saja struktur dinding penguat tanah di sisi selatan sudah banyak yang rusak.

"Struktur dinding sisi utara dan barat mempunyai karakter yang sama dengan talud sisi timur yang kami ekskavasi tahun 2019. Yaitu dinding luar berbentuk rapi dengan pilar-pilar, bata bagian dalamnya disusun acak dan diuruk tanah. Sehingga kami pastikan semuanya bagian dari talud yang mengelilingi situs Kumitir," terangnya.

Bata penyusun struktur yang diyakini sebagai talud sisi barat, utara dan selatan situs kumitir juga mempunyai dimensi yang sama dengan talud sisi timur. Yaitu mempunyai ketebalan 6-7 cm, panjang 33 cm, lebar 18-22 cm.

Selanjutnya
Halaman
1 2