Kasus Percobaan Pemerkosaan, Produser Film yang Dilaporkan Angkat Bicara

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 19:40 WIB
polsek banyuwangi
Kasus percobaan pemerkosaan dilaporkan di Polsek banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Kasus percobaan pemerkosaan model di Banyuwangi membuat produser film yang dilaporkan angkat bicara. Melalui pengacaranya, Edward Tobing, kejadian di dalam casting tak ada unsur pemaksaan.

Menurut Edward, kasus ini hanyalah kesalahpahaman antara pelapor dan terlapor yang merupakan kliennya. Sebab yang dilaporkan adalah pasal 285 KUHP tentang dugaan atau percobaan melakukan pemekosaan.

Hal ini berdasarkan data dan info dari penyidik Polsek Kota Banyuwangi tidak ada unsur pemaksaan kekerasan ancaman baik itu menggunakan senjata tajam atau pun hasil visum yang berkaitan dengan dugaan kekerasan itu tidak ditemukan dalam perkara ini.

"Dalam hal ini saya bicara langsung sama Kanit (Polsek Kota Banyuwangi). Tidak ada unsur paksaan dalam kasus ini apalagi percobaan pemerkosaan," ujarnya kepada detikcom, Jumat (26/6/2020).

"Artinya sesuai dengan pasal 184 KUHAP untuk menentukan apakah perkara ini ada unsur pidana atau tidak itu pada saat ini belum ditemukan pihak penyidik," tambahnya.

Dirinya pun menyangkal adanya percobaan pemerkosaan ataupun pemaksaan dalam kasus itu. Sebab dirinya menilai keduanya sudah sama-sama dewasa atau sudah di atas 17 tahun. Artinya secara hukum mereka sudah mengerti dan cakap bertindak dalam hukum.

"Di kasus ini tidak ada dugaan mencoba untuk melakukan pemerkosaan dengan yang di bawah umur," tegasnya.

"Yang perlu dikedepankan juga kalaupun itu terjadi dilakukan didasarkan suka sama suka. Tidak ada pemaksaan, tidak ada ancaman. Makanya saya bilang di mana unsur pemerkosaannya kalau itu dilakukan. Kalau pemerkosaan kan jelas ada pemaksaan ancaman. Kan di situ itu situasinya kan banyak orang," pungkasnya.

Seorang model di Banyuwangi mengaku menjadi korban percobaan pemerkosaan oleh salah satu agen yang mengaku sebagai produsen perfilman. Korban sudah melaporkan apa yang menimpanya ke polisi.

Korban yang berusia 22 tahun itu bercerita bercerita bahwa saat itu sedang dilakukan casting untuk sebuah film. Dan korban mengikuti casting karena diajak temannya. Korban mengatakan peristiwa percobaan pemerkosaan itu terjadi pada Senin (22/6/2020) malam.

(iwd/iwd)