Pembunuhan Perempuan Berambut Pirang yang Tewas di Jurang Dipicu Utang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 14:40 WIB
pembunuhan di mojokerto
Motif kasus pembunuhan ini adalah utang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Seorang perempuan berambut pirang yang ditemukan tewas di jurang Gajah Mungkur, Desa/Kecamatan Pacet, Mojokerto dibunuh oleh tetangga dekat sekaligus sahabatnya sendiri. Pembunuhan ini dipicu persoalan utang.

Mas'ud Andy Wiratama (23) merupakan dalang pembunuhan Vina Aisyah Pratiwi (21). Ironisnya, dia dengan korban merupakan sahabat sekaligus tetangga dekat. Karena mereka sama-sama tinggal di Desa Pamotan, Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Mas'ud sebelumnya bekerja sebagai satpam bank swasta di Surabaya. Dia menganggur selama 4 bulan terakhir karena di-PHK sejak virus Corona mewabah.

Mantan satpam bank ini mengaku tega membunuh Vina karena persoalan utang. Menurut Mas'ud, korban meminjam uang darinya Rp 40 juta pada Januari 2020.

"Dijanjikan dibayar setelah lebaran, setelah korban dapat THR, pencairan BPJS, dan kalau kontraknya habis kan dapat yang dari pabrik itu (pesangon). Ternyata tidak juga dibayar," kata Mas'ud kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Jumat (26/6/2020).

Utang yang tak kunjung dibayar membuat Mas'ud kesal dengan Vina. Dia berdalih sedang membutuhkan uang tersebut untuk mencari pekerjaan baru. Terlebih lagi, sebagian uang yang dia pinjamkan ke korban adalah milik orang tuanya.

"Sementara bulan depan saya mau cari kerja lagi, kan butuh uang juga. Saya marah karena tidak dikembalikan uangnya. Kalau dikasih ya tidak jadi (membunuh korban)," terangnya.

Tonton juga video 'Geger Terapis di Surabaya Dibunuh, Mayatnya Dimasukkan ke Kardus':

Selanjutnya
Halaman
1 2