Diminta Presiden Turunkan COVID-19, Bupati Gresik Siap Ikuti Arahan Gubernur

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 13:00 WIB
bupati gresik sambari Halim Radianto
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Presiden Jokowi meminta angka penurunan COVID-19 di Jawa Timur, khususnya di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik). Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menyetujui dan berusaha semaksimal mungkin menurunkan angka penyebaran Corona.

"Kita berusaha semaksimal mungkin dan tetap mengikuti (arahan) Gubenur Jatim saja ya kita," kata Sambari saat di Hotel JW Marriott Surabaya usai pertemuan dengan Mendagri, Jumat (26/6/2020).

Sambari menjelaskan sejauh ini pihaknya berusaha mendisiplinkan masyarakat. Salah satunya dengan memberi sanksi kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Sanksi sudah jalan sesuai perbup ya di sana ada dan sudah kita jalankan. Sanksinya berupa sanksi sosial dan sanksi administrasi," terangnya.

Sambari memastikan pihaknya terus menggalakkan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19 di Gresik. Untuk target yang diminta presiden, Sambari akan mengikuti keputusan Pemprov Jatim.

"Pokoknya saya mengikuiti sajalah apa yang diputuskan oleh provinsi kita akan mengikutilah, warga-warga diimbau untuk mengikuti sesuai protokol kesehatan," pungkasnya.

Sementara data hingga Kamis (25/6) jumlah kasus positif Corona di Gresik ada 562 kasus. Ada 77 pasien yang dinyatakan sembuh dan 58 pasien yang meninggal. Selain itu ada 11 pasien di Gresik yang masih pending domisili.

Tonton video 'Corona di Dunia Tembus 9,4 Juta, AS Masih Tertinggi':

(fat/fat)