Khofifah Sebut Tingkat Kepatuhan Protokol COVID-19 Surabaya Raya Rendah

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 19:53 WIB
Khofifah Sebut Tingkat Kepatuhan Protokol COVID-19 di Surabaya Raya Rendah
Gubernur dan Machfud MD di Gedung Grahadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut tingkat kepatuhan masyarakat di Surabaya Raya rendah. Bahkan, banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di tempat umum.

Hal ini diungkapkan Khofifah saat melakukan pemaparan di depan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, Menkopolhukam Mahfud MD hingga Menkes Terawan Agus Putranto di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Khofifah menyebut hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) Surabaya. Dia mencontohkan di tempat ibadah, hanya 30% masyarakat yang menggunakan masker. Sisanya, sebanyak 70% abai akan protokol kesehatan.

"Situasi kepatuhan masyarakat di Surabaya Raya, tempat ibadah masjid, pura, gereja masih ada 70% yang tidak menggunakan masker. Kemudian mereka 84% mereka tidak physical distancing," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (24/6/2020).

Tak hanya di tempat ibadah, Khofifah menyebut di pasar tradisional jumlah masyarakat yang tidak menggunakan masker meningkat hingga 84%. Hal ini juga terjadi di tempat nongkrong, di mana ada 88% tak menggunakan masker.

Selanjutnya
Halaman
1 2