Catat, Ini Waktu Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Langit Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 11:38 WIB
Melihat gerhana
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terlihat hari ini, Minggu (21/6/2020). Di Jatim, GMC akan terlihat di 31 wilayah dari 38 kabupaten kota.

Salah satu wilayah yang kebagian melihat GMC adalah Kota Surabaya. Warga bisa menyiapkan alat untuk melihat pada sore nanti.

"Di Surabaya kontak awal pukul 15.01 WIB, puncak gerhana 15.21 WIB dan kontak akhir pada 15.40 WIB," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto kepada detikcom di Surabaya, Minggu (21/6/2020).

Selama lebih dari setengah jam, warga Surabaya diperkirakan bisa melihat mulai awal hingga berakhirnya gerhana matahari. Namun tidak dengan mata telanjang dan tetap menggunakan kacamata gerhana berfilter matahari khusus.

"Durasi gerhana di Surabaya 39 menit 17,6 detik dengan magnitudo gerhana 0,027," ujarnya.

"Durasi gerhana yang teramati di Jawa Timur rata-rata adalah 0,50 jam," ucapnya.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Cukup Langka! Gerhana Matahari Cincin 2020 Disebut Cincin Api Solstis:

(fat/fat)