Ini Jam Operasional Mal Surabaya di Masa Transisi Menuju New Normal

Faiq Azmi, Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 17:35 WIB
Surabaya tengah menjalani masa transisi menuju new normal. Sehingga jam operasional mal di Kota Pahlawan juga mengalami perubahan.
Mal di Surabaya/Foto file: Faiq Azmi
Surabaya -

Surabaya tengah menjalani masa transisi menuju new normal. Sehingga jam operasional mal di Kota Pahlawan juga mengalami perubahan.

"Setelah PSBB, beberapa mal memang mengubah jam operasionalnya. Bermacam-macam tergantung kebijakan dari manajemen masing-masing," kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim, Sutandi Purnomosidi kepada detikcom, Kamis (11/6/2020).

Sutandi menjelaskan, meski berubah, jam operasional mal di Surabaya belum kembali secara normal. Karena jam operasional mal secara normal yakni pukul 10.00-22.00 WIB. Sedangkan saat PSBB 11.00-19.00 WIB. Bila dipaksakan buka dengan jam normal saat ini, Sutandi menilai hal tersebut tidak efektif.


"Jam operasional sangat tergantung kebijakan mal. Imbauan pemkot juga tidak ada karena tidak ada pembatasan jam malam. Mau tutup jam berapa, jam 8 pun terserah. Kalau saya di Pakuwon dari jam 11 siang sampai 9 malam. Artinya kalau mau tutup jam 10 malam pun tidak apa-apa. Tapi kita melihat saat ini belum efektif (buka secara normal) karena saat ini masih masa transisi," terangnya.

Sutandi mengatakan, sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan mal lain agar memiliki persamaan persepsi. Khususnya mal di Surabaya.

"Jangan sampai di Tunjungan Plaza wajib masker, tapi di mal lain tidak. Kita sekarang ingin meningkatkan rasa trust (percaya) warga kepada mal," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3