Check Point Masuk Surabaya Raya Ditiadakan, Diganti di Setiap RW

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 19:07 WIB
Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran
Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Surabaya Raya tak diperpanjang dan diganti dengan era transisi new normal. Begitu pula dengan pemeriksaan dan penyekatan pada check point di beberapa akses masuk kota yang sudah ditiadakan.

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran mengatakan kini check point telah diganti di setiap Rukun Warga (RW) yang menerapkan kampung tangguh.

"Check point sekarang ada di RW di kampung tangguh," kata Fadil di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (9/6/2020).

Selain itu, di masa transisi new normal ini pihaknya akan menciptakan kampung tangguh di zona industri dan pasar. Agar semua sektor siap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jika Kampung tangguh itu untuk di permukiman, kemudian nanti ada yang namanya kawasan industri tangguh, pasar tangguh. Ini merupakan cara kita untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan physical distancing Bagaimana cara hidup produktif namun tetap sehat," paparnya.

Fadil menambahkan di era transisi new normal ini pihaknya telah membentuk operasi pendisiplinan masyarakat. Berbeda dengan PSBB di mana ada pengetatan di check point masuk kota, Fadil mengatakan dalam operasi ini, pihaknya dan TNI akan melakukan pengawasan di pusat keramaian.

"Ada operasi pendisiplinan masyarakat yang komandannya Pangdam V/Brawijaya. Di ranah Polda saya sebagai wakil dan tempat-tempat keramaian dilakukan penjagaan dan dilakukan pendisiplinan," pungkas Fadil.

(hil/iwd)