PSBB Surabaya Raya Disetop, 3 Daerah Sepakat Menuju Masa Transisi

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 20:40 WIB
pertemuan 3 kepala daerah di grahadi
Pertemuan untuk mengevaluasi PSBB Surabaya Raya/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang. Tiga daerah yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik sepakat akan menerapkan masa transisi menuju new normal.

"Jadi diputuskan PSBB Surabaya Raya ketiga selesai pada hari ini sesuai Pergub sejak dimulai dari 26 Mei-8 Juni. Tiga kepala daerah (Wali Kota Surabaya, Bupati Gresik, Plt Bupati Sidoarjo) menyepakati tidak ada perpanjangan, dan dilanjutkan dalam masa transisi," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/6/2020).


Khofifah menjelaskan, keputusan berakhirnya PSBB Surabaya Raya setelah mendengar pemaparan dari 3 kepala daerah, serta tim kajian epidemiologi. Ekonomi menjadi alasan utama ketiga kepala daerah menyepakati PSBB tidak diperpanjang tanpa pencabutan.

"Tidak ada perpanjangan PSBB, maka akan berakhir hari ini tanpa ada pencabutan keputusan. Selanjutnya akan menjadi kewenangan kab/kota. Jadi prosedurnya seperti itu. Masing-masing kepala daerah sudah mengambil keputusan untuk melanjutkan dengan kearifan dan kebijakan lokal masing-masing," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2