RS Unair yang Didukung CT Corp Sudah Tangani Lebih dari 300 Pasien Corona

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 19:21 WIB
Mengurus jenazah pasien Corona tak seperti jenazah pada umumnya. Banyak proses, tahapan sampai harus disterilisasi sebelum dimakamkan.
RSKI Unair, Surabaya/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

RS Unair Surabaya merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Di Indonesia, RS Unair berada di urutan ketiga sebagai rumah sakit yang paling banyak menangani pasien Corona.

Rektor Unair Prof Moh Nasih mengatakan, RS Unair sudah merawat pasien COVID-19 lebih dari 300 orang. Di mana angka itu masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan RS Wisma Atlet di Jakarta.

"Mulai awal sampai saat ini kita telah merawat 300-an lebih pasien. Sementara di Wisma Atlet 700-an pasien. Dari kontribusi itu kami senang karena bisa memberikan pelayanan kepada banyak pasien," kata Nasih dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (8/6/2020).


Nasih yang mewakili RS Unair pun tak luput mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan. Baik donatur, maupun kepada CT Corp yang telah memberikan bantuan renovasi Rumah Sakit Khusus Inveksi (RSKI) untuk menangani pasien COVID-19.

Diketahui, pada April lalu, CT Corp dan Bank Mega memberikan bantuan sebesar Rp 45 miliar untuk RSKI Unair. Sehingga saat ini RSKI memiliki kapasitas bed sebanyak 145 untuk menangani pasien COVID-19.


"Paling tidak ada 40 unit bed ICU dan 140 unit bed HCU. Dengan kapasitas itu kami bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," jelasnya.

"Kami sangat berterima kasih dan apresiasi kepada bapak ibu kawan-kawan yang sudah memberikan sumbangsih luar biasa kepada Unair," pungkasnya.

(sun/bdh)