Persiapan New Normal, Gereja di Surabaya Masih Ibadah Live Streaming

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 17:11 WIB
gereja di surabaya disemprot disinfektan
Petugas semprot disinfektan gereja-gereja di Surabaya (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Menteri Agama mengeluarkan Surat Edaran terkait pembukaan kembali rumah ibadah. Gereja di Surabaya memastikan untuk saat ini masih beribadah melalui live streaming online.

"Untuk sementara ini masih live streaming dulu. Kita akan persiapkan pembukaan gereja untuk ibadah misal misa/kebaktian sesuai menteri agama, kira-kira nanti Rabu (10/6) keputusan akan diumumkan," kata Vikjen Keuskupan Surabaya, Romo Eko Budi Susilo kepada detikcom, Jumat (5/6/2020).

Romo Eko menjelaskan saat ini pihaknya sedang mendisukusikan kapan akan dibuka kembali gereja di Surabaya. Nantinya, keputusan akan diambil oleh Keuskupan Surabaya.

"Jadi bapak uskup di Surabaya yang ambil keputusan. Uskup Surabaya ini ada 44 parodi, jamaatnya ada 160 ribu jiwa warga beragama Katolik. Uskup Surabaya hanya membawahi gereja yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Sekarang masih dilakukan persiapan, karena semua daerah tidak sama keadaannya, situasi penularannya," terangnya.

Menurut Romo Eko, salah satu alasan gereja di Surabaya masih melakukan ibadah live streaming karena masih tingginya angka penambahan COVID-19 dan risiko penularannya.

"Setiap daerah tidak sama. Kalau di Surabaya masih zona merah, penularannya masih tinggi, ini menurut data ya. Jadi untuk sementara live streaming dulu tunggu sampai Rabu(10/6) nanti," paparnya.

Romo Eko menambahkan saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan tata cara masuk gereja di era new normal sesuai anjuran Menteri Agama.

"Kita harus siap dengan tempat cuci tangan, kemudina yang masuk harus diukur suhu tubunya. Tempat duduknya berapa persen dari kapasitas yang seharusnya kita siapkan. Untuk ibadah juga, kita harus menggunakan waktu tidak terlalu lama untuk ibadah tanpa mengurangi makna dari hakekat Ibadah itu sendiri dan kekhusyukkan itu sendiri," pungkasnya.

(fat/fat)