Crane Terjungkal Saat Angkat Potongan Batang Pohon, Overload Atau Mistik?

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 15:00 WIB
viral crane terjungkal
Crane yang terjungkal saat angkat potongan batang pohon (Foto: Istimewa)
Malang -

Sebuah crane terjungkal saat mengangkat potongan batang kayu di Jalan Raya Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Ada yang mengatakan karena beban muatan berlebih atau overload. Ada juga yang mengatakan karena penunggu pohon tak terima adanya penebangan.

Video peristiwa terjungkalnya crane tersebut viral di media sosial. Tidak disebutkan adanya korban jiwa, meski crane terjungkal ke jalanan.

Dalam video lainnya yang diunggah oleh akun Facebook Hamiem Alambara, sesaat setelah crane terjungkir warga langsung mendekati crane dan membantu mengevakuasi operator crane yang berada di dalam ruang kemudi.

Operator nampak tersenyum ketika dievakuasi warga dari balik kemudi. "Kalau tidak salah, itu kejadiannya Rabu kemarin. Saya kebetulan melintas di lokasi," kata Zaini Ilyas, warga Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, kepada detikcom, Jumat (5/6/2020).

Menurut Zaini, pohon yang ditebang sudah lama berdiri tepat di sisi jalan. Jika melihat ukurannya yang cukup besar, tentu pohon sudah berusia tua.

Namun, Zaini yang juga tokoh masyarakat itu tak mengetahui jenis pohon yang ditebang tersebut. "Yang jelas, jika melihat ukurannya yang besar, usia pohon sudah tua. Tapi pohon jenis apa, saya kurang paham," tuturnya.

Kembali pada usia pohon yang diduga cukup tua, Zaini pun menilai proses penebangan tak dapat dilakukan begitu saja. Tradisi dan budaya masyarakat, terutama Jawa yang mengajarkan etika berperilaku, tentu harus dipegang kuat.

Selanjutnya
Halaman
1 2