Masjid Muhammadiyah di Surabaya Belum Menggelar Salat Jumat, Ini Alasannya

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 13:11 WIB
masjid al falah jalan darmo
Masjid Al Falah Jalan Darmo (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pemprov Jatim membolehkan masjid menggelar Salat Jumat dengan memenuhi protokol pencegahan COVID-19. Namun beberapa masjid Muhammadiyah di Kota Surabaya belum menggelar Salat Jumat.

Pantauan detikcom seperti di Masjid Al Fath kawasan Gubeng, masjid tersebut belum menggelar Salat Jumat. Selain itu Masjid Al Muttaqin di kawasan Gadukan juga belum menggelar.

Sekain itu Masjid Al-Falah di kawasan Darmo juga tidak menggelar Salat Jumat. Pihak masjid juga belum menggelar salat berjamaah sejak ada Corona.

Sekretaris PD Muhammadiyah Surabaya M Arif An membenarkan hal itu. Menurutnya setiap wilayah mempunyai pertimbangan zona merah tertentu.

"Kalau beberapa masjid Muhammadiyah sebagian belum. Beberapa masjd tersebut masih mempersiapkan protokol kesehatan. Ada yang kemudian di daerah tersebut masuk dalam zona merah, maka tidak mengadakan," kata Arif kepada detikcom saat dikonfirmasi, Jumat (5/6/2020).

masjid al falah jalan darmoMasjid Al Falah tak menggelar Salat Jumat/ Foto: Faiq Azmi

Menurut Arif, pihak masjid yang belum menyelenggarakan Salat Jumat masih menunggu edaran resmi dr PD Muhammadiyah Surabaya.

"Jadi pimpinan daerah mempertajam teknis hingga lapangan, mungkin sore nanti atau besok sudah jadi edarannya. Kalau dari pusat sudah keluar. Itu global, kita harus mendetailkan di tingkat bawah," jelasnya.

Arif mengatakan masih banyak masjid Muhammadiyah yang sudah menggelar Salat Jumat bahkan sejak bulan ramadan lalu. Seperti Masjid At-Taqwa, Masjid Baiturrohim.

"Kalau menggelar salat masih ada, banyak. Ada yang mulai dari ramadan lalu, karena di daerahnya bukan masuk dalam zona merah," pungkas pria yang juga Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Surabaya ini.

(fat/fat)