25 Positif COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, Dari Klaster Pasar Paiton

M Rofiq - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 12:30 WIB
persebaran corona di probolinggo
Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Sebanyak 25 orang positif setelah melakukan swab. Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Probolinggo, menyebut total ada 116 orang terpapar COVID-19.

Penambahan terbanyak 13 orang terpapar COVID-19 di Kabupaten Probolinggo ini, dari klaster baru. Yakni klaster pasar. Saat itu dilakukan rapid test dan swab pedagang dan pembeli di Pasar Paiton beberapa hari lalu.

Sebelumnya ada 10 orang dari Klaster pemudik dan klaster medis 2 orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Kuripan.

Dan pasien COVID-19 yang baru berasal dari beberapa kecamatan yakni Kecamatan Paiton, Sumberasih, Krejengan, Maron, Besuk, Kuripan, Banyuanyar dan tenaga kesehatan yang tinggal di Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Namun kondisi 25 pasien COVID-19 sehat meski isolasi mandiri di rumah pengawasan, perawatan dan dijaga tim medis dari Diinas Kesehatan Pemkab Probolinggo.

Gugus Tugas Satgas COVID-19, juga melakukan tracking ke keluarga maupun orang yang pernah kontak dengan 25 pasien COVID-19 tersebut, serta melakukan rapid test.

Jubir Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Dr Anang Budi Yoelijanto mengatakan pihaknya terus melakukan upaya penekanan penyebaran dan penyembuhan.

"Rencana Bupati Probolinggo bersama Satgas COVID-19 akan melakukan rapat koordinasi masalah santri sudah banyak balik ke pesantren, hasilnya dua minggu ke depan akan mengeluarkan surat edaran," tegas dr Anang, Kamis (4/6/2020) malam.

Hasil data terkini Dinkes Kabupaten Probolinggo, ada penambahan 1 PDP, jadi total 61 orang PDP, 4 pasien PDP masih diawasi, 38 orang PDP sudah selesai diawasi dan 19 orang PDP meninggal dunia.

Untuk ODP ada 479 orang, 67 orang masih dipantau, 406 orang selesai dipantau dan 6 orang ODP meninggal dunia dan 116 pasien positif COVID-19. Di antaranya 39 orang masih dirawat, 75 orang pasien dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 dan 2 orang pasien COVID-19 meninggal dunia.

(fat/fat)