Ada Kuota 1.000 Warga Surabaya, Rapid Test dan Swab Massal Digelar di Keputih

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 08:17 WIB
ribuan warga surabaya rapid test
Rapid test dan swab massal di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Pemkot Surabaya bersama Badan Intelijen Nasional (BIN) gencar menggelar rapid test dan tes swab massal kepada warga. Adapun tes massal hari Kamis (4/6/2020) akan digelar di Terminal Keputih.

"Untuk hari ini akan kita gelar di Keputih, tepatnya di terminal," kata Kepala Poliklinik BIN dr Wulan kepada detikcom, Kamis (4/6/2020).

Adapun untuk target atau kuota yang disediakan, dr Wulan menyebut sekitar 800 sampai 1.000 kuota. Banyaknya jumlah kuota yang disediakan, sebab pada hari ini, rapid test dan swab tes hanya satu titik saja di Keputih.

"Hanya di Keputih ini saja, satunya lagi di Sidoarjo," bebernya.

Rapid test dan swab tes massal ini sendiri sudah digelar sejak 7 hari terakhir di berbagai titik di Surabaya. Adapun waktu layanan tes dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Sedangkan syarat warga yang ingin mengikuti cukup menyerahkan tanda identitas baik KTP maupun SIM. Bagi warga yang usai di-rapid test dan dinyatakan non-reaktif langsung diperbolehkan pulang dengan mengantongi surat hasil rapid.

Namun bagi warga yang hasil rapid test-nya reaktif, maka akan dilakukan tes lanjutan yakni swab tes yang hasilnya keluar 1 sampai 2 hari. Hasil swab sendiri akan diumumkan melalui puskesmas setempat asal warga.

(fat/fat)