Risma Beri Fasilitas untuk 4 Anak Positif COVID-19 yang Dirawat di Asrama Haji

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 00:26 WIB
asrama haji Surabaya
Asrama Haji Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Asrama Haji Surabaya saat ini merawat OTG positif COVID-19 sebanyak 270. Empat di antaranya merupakan anak-anak.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan anak-anak biasanya tertular dari orang tua atau saudara terdekatnya. Karena rumah sakit tidak menerima anak-anak positif Corona, Risma merawatnya di Asrama Haji dengan sejumlah fasilitas.

"Jadi saya berikan mainan, buku sehingga belajar dan bermain Asrama Haji," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Berbagai fasilitas yang diberikan Risma itu dapat menjadi hiburan untuk anak-anak agar tidak bosan. Selain itu, dengan fasilitas yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan semangat anak sehingga imunitas tubuh juga akan baik.

Imunitas yang bagus pada anak sangat diperlukan, maka segala hal untuk membuat anak senang dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Anak-anak juga dibuat seriang mungkin jasmaninya agar terus semangat meski terpapar virus Corona.

"Dan kalau di Asrama Haji bentuknya bukan rumah sakit. Jadi kalau pagi ada senam kemudian setelah itu olahraga, bermain bola, bermain pingpong, badminton," jelasnya.

Risma juga berharap anak-anak bisa lekas sembuh dan hasil swab semua negatif. Agar mereka dapat kembali berkumpul bersama keluarga dan kembali menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa melupakan protokol kesehatan.

"Hari ini kita swab lagi kalau hari ini keluar mereka akan kita pulangkan, karena sudah dua kali negatif," ujarnya.

Sedangkan untuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit, Risma tidak dapat memastikan jumlahnya. Hanya di Asrama Haji terdapat empat anak.

Dari data hingga per 1 Juni terdapat 127 anak yang terpapar COVID-19. Diantaranya usia 0-4 tahun ada 36 kasus, 5-14 tahun ada 91 kasus.

(iwd/iwd)