Menkes Sebut Surabaya Dapat Prioritas PCR Kedua Setelah Jakarta

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 23:08 WIB
menkes terawan
Menkes Terawan di Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Menkes Terawan Agus Putranto menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismahari di Balai Kota. Terawan menyampaikan bahwa Surabaya sudah mulai dapat melakukan swab ke warga karena telah mendapatkan bantuan mobil PCR dari BNPB.

Terawan juga menyampaikan ke Risma agar tidak sungkan meminta swab PCR jika kekurangan. Nantinya tinggal mengatur jadwal pemberian swab.

"(Mobil) swab juga sudah datang. Kalau kurang nanti kita datangkan lagi, Bu Risma tinggal atur saja," kata Terawan di Balai Kota Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Jujur, kata Terawan, untuk mencari PCR hingga RNA kit perlu berebut dengan negara di seluruh dunia. Jika pun Indonesia berhasil mendapatkan, maka konektifitas Kepala BNPB Doni Monardo baik dengan negara lain.

Sama halnya dengan alat VTM yang sulit didapatkan. Sebab, VTM hanya diproduksi di Amerika, sedangkan Amerika sedang lockdown.

"Jadi kita hanya bisa ngambil penerbangan ke LA ke Singapore kita akan jemput bola. Ini bukan hal mudah tapi lebih sulit lagi melihat perjuangan ibu dan kita yang mendapatkan alat," jelasnya.

Kini Indonesia bersyukur telah dipermudah. Setiap mendapatkan pun langsung disebarkan ke seluruh Indonesia. Bahkan salah satu yang mendapat prioritas ialah Surabaya.

"Ibu (Risma) mendapatkan prioritas, Surabaya karena kota kedua terbesar setelah Jakarta," ujarnya.

"Ibu tinggal telepon saya atau Pak Doni, kami akan mengupayakan yang terbaik untuk kota ini," tambahnya.

Dia juga melihat terus perkembangan tracing yang dilajukan Surabaya. Tracing itu dinilai sangat baik, terlebih jika PCR sudah berjalan semua.

"Terus yang negatif tapi rapid positif, sudah itu calon donor plasma convalescent dan dia bisa mengobati pasien yang berat," pungkasnya.

(iwd/iwd)