Sisa Permukiman Bangsawan Zaman Majapahit Ditemukan di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 13:38 WIB
Sisa Permukiman Bangsawan Zaman Majapahit Ditemukan di Mojokerto
Sisa Permukiman Bangsawan Zaman Majapahit Ditemukan (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Sisa-sisa permukiman kaum bangsawan yang hidup pada zaman Majapahit kembali ditemukan di Kabupaten Mojokerto. Kompleks permukiman elit pada masa lalu itu diperkirakan seluas 500 meter persegi.

Temuan baru ini berada di Dusun Grogol, Desa Dukuhngarjo, Kecamatan Jatirejo. Tepatnya di lahan yang kini dikelola warga setempat untuk kerajinan bata merah dan perkebunan tebu. Oleh sebab itu temuan ini disebut situs Grogol.

Salah satu struktur purbakala yang baru ditemukan berupa umpak berukuran 74 x 74 x 54 cm. Bangunan ini tersusun dari bata merah kuno yang masing-masing berdimensi 34 x 20 x 5 cm. Di sebelah selatannya juga ditemukan 2 umpak dari bata merah berukuran 60 x 60 cm.

"Bangunan kuno ini ditemukan para perajin bata merah. Ada juga bangunan berbentuk pagar sepanjang 5 meter dengan ketebalan 60 cm, pecahan tembikar dan keramik," kata Anang Budi (34), warga setempat kepada detikcom di lokasi, Senin (1/6/2020).

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono Dwi Nugroho memastikan struktur dari bata merah yang ditemukan para perajin bata merah berupa umpak. Menurut dia, umpak berfungsi sebagai pijakan tiang penyangga bangunan.

Di lokasi yang sama, dia juga menemukan pecahan tembikar sisa jambangan atau wadah air, ukel atau hiasan pinggir atap rumah, genteng, kendi, porselin atau keramik.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2