Risma Pantas Kecewa, Mobil PCR Bantuan dari BNPB Harusnya 5 Hari di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 18:16 WIB
Wali Kota Risma
Risma saat menghubungi Gugus Tugas Jatim (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kecewa mengetahui mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR), yang bisa melakukan tes swab, dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Jatim. Padahal dua mobil bantuan dari BNPB pusat itu sedianya akan melakukan tes swab terhadap 200 warga Tanah Kali Kedinding.

Dua unit mobil itu hari ini dialihkan ke Tulungagung dan Lamongan. Padahal, menurut Risma, bantuan dari BNPB pusat itu diprioritaskan untuk Surabaya. Namun, lantaran dialihkan ke daerah lain, Pemkot harus membatalkan tes swab ratusan orang.

Bahkan rencananya dua mobil PCR itu akan berada di Surabaya selama lima hari, yang akan melakukan tes swab di sejumlah lokasi.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rahmanita menjelaskan pasien yang diperiksa adalah ODP, PDP, kemudian pasien yang akan swab ulang. Mereka sudah disiapkan sejak pukul 07.00 WIB. "Betul, rencananya ada melakukan tes di Gelora Pancasila, ada Manukan, ada yang di Rungkut. Jadi titik-titiknya sudah kami siapkan untuk lima hari ke depan. Jadi lima hari ke depan kami siapkan by name by address. Karena kapasitasnya (mobil lab swab) itu 200, setiap titik itu kami siapkan 200 orang," ungkap kadinkes di Taman Surya, Jumat (29/5/2020).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2