Ratusan Warga di Desa Jombang Jalani Karantina Selama 14 Hari

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 15:30 WIB
Ratusan Warga di Desa Jombang Dikarantina Selama 14 Hari
Ratusan warga desa di Jombang isolasi 2 pekan (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Ratusan warga di Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, menjalani karantina selama 14 hari ke depan. Warga dalam satu rukun tetangga (RT) itu dilarang keluar untuk memutus penyebaran virus Corona.

Karantina wilayah itu hanya dilakukan terhadap Lingkungan RT 2 RW 4 Desa Plosokerep. Lingkungan tersebut saat ini dihuni 49 kepala keluarga (KK) terdiri dari 150 jiwa. Dari jumlah itu, 20 balita, 20 lansia, 1 ibu hamil, 10 ibu menyusui dan 2 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Seluruh penduduk Lingkungan RT 2 dilarang keluar mulai hari ini. Sebaliknya, orang dari luar juga dilarang masuk ke lingkungan tersebut.

"Pemkab Jombang hari ini memutuskan salah satu RT di Desa Plosokerep dilakukan karantina wilayah untuk 14 hari ke depan. Masyarakat tidak diperkenankan keluar masuk RT tersebut," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno di lokasi karantina wilayah, Jumat (29/5/2020).

Karantina wilayah ini diterapkan karena terdapat 5 warga RT 2 RW 4 Desa Plosokerep yang positif COVID-19. Yakni pria 43 tahun dan perempuan 40 tahun pasangan suami istri penjual sayur di pasar Keputran-Surabaya, pria 28 tahun buruh pabrik di Mojokerto, pria 60 tahun dan pria 52 tahun pedagang salah satu pasar tradisional di Kabupaten Jombang.

Tonton juga video 'Mulai 29 Mei, Pemkot Solo Setop Karantina Pemudik':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2