Meski Fokus pada Tes Swab Massal, Risma Juga Pikirkan Konsep New Normal

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 22:10 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah fokus pada tes swab massal untuk warga reaktif. Meski begitu, ia pelan-pelan memikirkan konsep new normal untuk Surabaya.
Wali Kota Risma/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah fokus pada tes swab massal untuk warga reaktif. Meski begitu, ia pelan-pelan memikirkan konsep new normal untuk Surabaya.

"Insyaallah kita bisa. Makanya saya usahakan Asrama Haji ini Juni (selesai tes swab). Itu kalau saya hitung jadwalnya. Makanya harus cepat. Karena kalau gini ya, apapun ya, dia sakit atau tidak sakit dia harus 14 hari (isolasi), nggak bisa keluar dari situ. Makanya saya udah hitung gitu, kalau ini swab terlambat, artinya saya mundur lagi waktunya," kata Risma kepada wartawan, usai rapat paripurna di DPRD Kota Surabaya, Kamis (28/5/2020).

Risma menambahkan, dari 2.700 sampel darah yang dilakukan rapid test, 38,5 persen hasilnya reaktif. Selanjutnya Pemkot Surabaya mengisolasi mereka yang reaktif di tempat yang disediakan.

"Tapi reaktif ini opname (isolasi) 14 hari gitu loh. Karena kita nggak tahu perkembangan itu kan. Karena harus dihitung, jangan lupa itu semuanya kita punya jadwalnya. Jadi kita punya data orangnya. Jadi hasil dari tracing itu. Dan itu kita tahu dia masuk rumah sakit kapan, dia di-swab, kapan dia di-rapid itu, kita semua punya datanya orang-orang itu," ungkap Risma.


Selain itu, Risma juga tengah menyiapkan lokasi baru sebagai rumah sakit darurat. Namun saat ini masih dirahasiakan. Wali kota dengan segudang prestasi itu berharap, lokasi baru itu tidak sampai digunakan atau wabah Corona keburu berakhir.

"Saya menyiapkan juga, selain Asrama Haji, rahasia, nanti kalau sudah (pasti) saya ngomong. Dibantu doa ya, mudah-mudahan sini tidak ditempati gitu. Karena saya khawatir kalau haji (Asrama Haji) ini digunakan, kita juga harus pergi gitu lo," sambungnya.

Mengantisipasi Asrama Haji digunakan untuk kegiatan haji, Risma akan memajukan jadwal tes swab bagi para warga reaktif, yang saat ini diisolasi di asrama tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2