Gelombang Setinggi 3-4 Meter Terjang Empat Pesisir Selatan Pantai Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 19:56 WIB
Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Selatan Trenggalek
Pesisir selatan diterjang gelombang tinggi (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Gelombang tinggi terjadi di pesisir selatan Trenggalek, akibatnya sejumlah warung dan tempat usaha rusak. Selain itu para nelayan terpaksa tak melaut.

Salah satu lokasi yang terdampak adalah wisata Pantai Konang di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul. Empasan gelombang hingga melompat ke daratan dan menyapu sejumlah gazebo yang dibangun warga di kawasan bibir pantai. Bahkan air laut juga sempat masuk ke warung atau rumah makan.

"Gazebo punya saya yang ada di pinggir pantai situ hancur, kemudian juga di sisi tengah situ juga ada beberapa yang rusak," kata salah seorang pemilik warung, Makarin, Kamis (28/5/2020).

Sejumlah pedagang berusaha melindungi tempat usahanya dengan membangun tanggul dari karung pasir di sekeliling warung. Gelombang tinggi tersebut terjadi sejak tiga hari terakhir dan terparah sejak tiga tahun terakhir.

"Ini seperti siklus empat tahunan. Setiap empat tahun pasti terjadi seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Panggul, Iptu Budi Hartoyo, menjelaskan kondisi cuaca buruk di pesisir selatan juga merata di seluruh wilayah pesisir Kecamatan Panggul. Mulai dari Pantai Konang, Pantai Pelang, Pantai Kili-kili hingga Pantai Joketro.

"Kalau untuk Pantai Pelang tidak terlalu berpengaruh, karena cuma sampai di kawasan pinus. Yang mepet bangunannya itu di Konang, termasuk kawasan konservasi penyu di Taman Kili-kili," kata Budi.

Pihaknya mengaku para nelayan di wilayahnya juga memilih berhenti melaut dan menyandarkan perahunya ke tempat yang relatif aman.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2