Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Surabaya Krisis Ruang Isolasi

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 18:38 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Jumlah kasus Corona di Jatim masih meningkat. Total ada 4.112 dan 3.208 pasien yang dirawat per 27 Mei. Namun beberapa rumah sakit rujukan di Jatim, khususnya Surabaya ruang isolasinya penuh untuk pasien Corona.

Di RS Unair Surabaya misalnya, tercatat ada lebih dari 100 pasien yang dirawat. Sedangkan ruang perawatan isolasinya pun saat ini penuh. Bahkan RS Unair tidak menerima pasien Corona, karena kapasitas bed yang diperlukan untuk pasien tidak ada.

"Tercatat, ada 100 lebih pasien yang sedang dalam perawatan di RSUA. Hal itu, semakin hari terus bertambah. Karena keterbatasan bed yang kami miliki, tentu kebijakan penutupan sementara kami ambil," kata Rektor Unair M. Nasih, Kamis (28/5/2020).

"Kami tidak ingin, dengan memaksakan untuk menerima pasien, sedang kapasitas bed tidak ada. Hal ini justru akan menimbulkan masalah baru. Tidak mungkin, pasien akan dirawat seadanya atau bahkan kami taruh di IGD," tambahnya.

Sementara hal yang sama juga terjadi di RS Adi Husada Undaan Wetan. 47 Ruang isolasi khusus pasien Corona sudah penuh.

Humas RS Adi Husada Undaan Wetan Sylvia Sumitro mengatakan, setiap ruangan terdapat satu pasien. Maka, jumlah pasien Corona saat ini sekitar 47 orang.

"Saat ini ruang isolasi COVID-19 penuh. Ada 47 ruang isolasi (pasien Corona) dan satu ruangan hanya satu pasien saja. Untuk jumlah persisnya saya kurang tahu, kurang lebih 47," kata Sylvia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2