Desa Tangguh di Probolinggo Cegah Penyebaran COVID-19 dengan Kentongan

M Rofiq - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 12:17 WIB
desa tangguh di probolinggo
Launching desa tangguh di Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Gara-gara kentongan, desa di Probolinggo ini jadi desa tangguh. Desa ini adalah Desa Gading Wetan di Kecamatan Gading, Probolinggo.

Di desa ini, kentongan menjadi alat efektif bagi warga untuk memberitahu sesuatu atau hal apapun. Termasuk orang, pendatang, atau pemudik yang masuk desa atau kampung. Dan kentongan ini ternyata menjadi cara efektif membendung penularan Corona di desa ini

Bila ada pendatang atau orang asing masuk, warga lalu membunyikan kentongan. Dan warga lain tanpa diperintah melakukan hal serupa sehingga semua tahu jika ada orang asing masuk ke desa.

Cara ini juga membuat orang asing sadar dan takkan datang ke Desa Gading Wetan jika benar-benar tak ada kepentingan. Cara ini sangat efektif sejak sebulan diberlakukan. Terbukti desa ini zero dari warga positif terpapar COVID- 19. Bahkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari desa ini pun nyaris tidak ada.

Warga meyakini tradisi kentongan atau tutuk tular ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang. Tradisi membunyikan kentongan selalu digunakan saat terjadi bencana alam, usir setan, dan memberitahukan masyarakat jika ada pagebluk atau wabah penyakit. Tujuannya agar warga tidak keluar rumah dan waspada terhadap wabah.

Karena sejak merebaknya wabah COVID-19 tidak ada satupun pasien positif dan PDP maka Forkopimda menjadikan Desa Gading Wetan sebagai desa tangguh. Desa ini diharapkan bisa dijadikan dicontoh bagi desa lain.

"Cara kuno leluhur dengan membunyikan kentongan tutuk tular. Teryata efektif dilakukan saat pandemi Corona, alhamdulillah sampai hari ini, tidak satupun warga Desa Gading Wetan terpapar COVID-19. Dan kami mendapatkan apresiasi oleh Forkopimda Probolinggo dan Muspika Kecamatan Gading dengan dijadikan desa tangguh," ujar Supriyono, Kepala Desa Gading Wetan saat ditemui detikcom, Kamis (28/5/2020).

Saat launching desa tangguh ini, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo mengecek stok makanan di lumbung pangan di lokasi Wisata Water Sport Tubing yang disulap menjadi tempat karantina.

"Kami memberikan apresiasi ke Desa Gading Wetan. Desa ini hingga saat ini tidak ada satupun warganya yang terpapar COVID-19. Desa ini diharapkan menjadi desa percontohan desa lain," kata Ferdy.

Di Kabupaten Probolinggo ada 3 desa tangguh yakni Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan, Desa Binor Kecamatan Paiton, dan Desa Gading Wetan Kecamatan Gading.

(iwd/iwd)