10 Kampung Tangguh COVID-19 di Pasuruan Dilengkapi Lumbung Pangan

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 23:23 WIB
kampung tangguh di pasuruan
Kampung tangguh di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Polres Pasuruan Kota mendirikan 10 Kampung Tangguh sebagai upaya menghadapi segala persoalan di masa pandemi COVID-19. Kampung Tangguh memiliki sejumlah fasilitas terutama tempat isolasi dan lumbung pangan.

10 Kampung Tangguh COVID-19 didirikan di 10 kelurahan dan desa di Kota dan Kabupaten Pasuruan yang masuk wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Di antaranya di Kecamatan Bugulkidul, Kraton, Grati, dan Rejoso.

Salah satu Kampung Tangguh yang sudah didirikan di RW 6, Perum Bugul Permai, Kelurahan Bugulkidul. Di kampung ini terdapat cek point, ruang isolasi, posko, lumbung pangan hingga taman untuk refreshing.

Semua orang yang akan masuk kampung diperika dengan ketat dan dimintai identitas. Kampung ini, juga menyediakan sembako untuk mereka yang diisolasi karena terindikasi terpapar COVID-19.

"10 Kampung Tangguh akan didirikan di wilayah hukum Polres Pasuruan, yang menjadi pilot project RW 6, Perum Bugul Permai, Kelurahan Bugulkidul. Di sini kami melihat kecakapan dan kemauan warga untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona sangat tinggi, sehingga kami Polres, Kodim dan pemerintah daerah memfasilitasi warga dengan mendirikan Kampung Tangguh," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander, Senin (25/5/2020).

Ketua RW 6, Perum Bugul Permai, Kelurahan Bugulkidul, Yuyud Hermawan, mengatakan pihaknya akan berusaha keras mencegah warga terjangkit virus Corona. Warga akan mematuhi semuanya anjuran pemerintah pusat, daerah dan Kapolri.

"Kampung Tangguh ini untuk mencegah penyebaran virus Corona, bencana alam dan kriminalitas. Terkait Corona, kami pengurus RW akan mengupayakan dengan sungguh-sungguh jangan sampai warga kami terkena virus Corona," terang Yuyud.

(iwd/iwd)