Mengapa Perawat RS Royal Surabaya Tertular Corona hingga Meninggal?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 22:41 WIB
perawat rs royal meninggal dunia karena corona
Perawat RS Royal Surabaya, Ari Puspita Sari yang meninggal/Foto: Istimewa
Surabaya -

Perawat RS Royal Surabaya, Ari Puspita Sari yang meninggal kena Corona diketahui tidak merawat pasien COVID-19. Bagaimana Ari bisa tertular?

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi mengatakan, hingga kini masih belum diketahui dari mana perawat tersebut tertular. Namun Joni menyebut, kondisi Ari yang tengah hamil memiliki risiko tinggi untuk tertular COVID-19.

Tak hanya ibu hamil, Joni menyebut para tenaga medis juga memiliki risiko tinggi tertular. Selain itu, penderita penyakit diabetes, hipertensi hingga masyarakat yang lanjut usia juga mudah tertular.


"Yang pertama mengenai risiko tertularnya penyakit Coronavirus ini pada tenaga kesehatan, jadi memang yang paling banyak menimbulkan risiko adalah orang-orang yang tua, yang mempunyai gangguan imun, mempunyai hipertensi, punya diabet, punya asma, punya penyakit gangguan macam-macam dan hamil. Itu juga suatu risiko yang tinggi," papar Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Joni mengungkapkan, sebenarnya di RS Royal, tenaga kesehatan yang tengah hamil telah disarankan untuk cuti. Namun saat itu Ari memilih untuk berjuang membantu pemerintah menangani COVID-19. Karena memiliki risiko tinggi, pihak RS Royal pun menempatkan Ari untuk menangani pasien biasa, bukan COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2