Kisah Kepala Keluarga di Pasuruan Positif Corona Tulari 5 Penghuni Rumah

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 15:00 WIB
RSUD Bangil
RSUD Bangil (Foto file: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Penularan virus Corona terbukti sangat cepat. Itu terjadi di Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Seorang ayah atau kepala keluarga menulari 5 penghuni rumah.

5 Penghuni rumah yang positif virus Corona gegara tertular kepala keluarga adalah sang istri berusia 44 tahun, anak laki-laki berumur 19 tahun, anak perempuan 2 tahun, serta dua pembantu rumah tangga berusia 51 dan 54 tahun.

"Istri dan kedua anaknya isolasi mandiri di rumah. Sementara yang dua orang lagi warga Kabupaten Pasuruan," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pasuruan dr Shierly Marlena, Jumat (8/5/2020).

Kasus ini bermula saat seorang kepala keluarga yang berusia 59 tahun terkonfirmasi positif Corona pada Minggu (26/4). Tim gugus tugas kemudian melakukan tracing 6 kontak erat pasien. Begitu reaktif rapid test, mereka langsung ikut tes swab.

"6 Orang ditracing, hasil tes swab 5 orang dinyatakan positif," terang Shierly yang juga menjabat Plt Kadinkes Kota Pasuruan.

Pasien positif ibu dan 2 anaknya, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah karena tidak ada gejala dan keluhan. Sementara itu, 2 orang positif asal Kabupaten Pasuruan ditangani Pemkab Pasuruan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Anang Saiful Wijaya mengonfirmasi 2 dari 5 pasien positif virus Corona adalah warganya.

"Sebelumnya selama menunggu hasil tes swab, mereka isolasi mandiri di rumah. Saat hasil tes swab keluar (Kamis), kami berkoordinasi dengan keluarga kedua pasien untuk dirawat di RSUD Bangil sampai sembuh," terang Anang.

Data kasus COVID-19 Kota Pasuruan sampai hari ini 8 positif, 6 PDP dan 99 ODP. Sedangkan Kabupaten Pasuruan 21 positif, 98 PDP dan 235 ODP.

Menko PMK: Angka Kematian Karena Corona Sudah Landai:

(iwd/fat)