21 Bulan Jabat Kapolda Jatim, Ini Capaian Irjen Luki Hermawan

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 15:42 WIB
kapolda jatim irjen luki hermawan
Irjen Luki saat melayani wawancara (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Jabatan Kapolda Jatim yang diemban Irjen Luki Hermawan akan segera digantikan Irjen Mohammad Fadil Imran. Menjabat selama 21 bulan, Luki disebut memiliki beberapa capaian pengungkapan kasus hingga inovasi di Jawa Timur.

Salah satu inovasinya di masa pandemi ini yakni membentuk tim COVID-19 Hunter. Luki sengaja membentuk tim COVID-19 Hunter untuk memburu para pasien positif Corona, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hingga Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sengaja kabur saat isolasi atau saat dirawat di RS.

"COVID-19 Hunter ini dibentuk karena ada laporan dari rumah sakit ada PDP yang kabur atau keluar tanpa izin. Ada juga PDP yang karantina mandiri di rumah, ternyata mereka berkeliaran," kata Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (4/5/2020).

Selain tim COVID-19 Hunter, salah satu yang cukup diingat dalam kepemimpinan Luki yakni tim Asmaul Husna. Tim berisi polwan ini bertugas 'mendinginkan' masyarakat di tengah demonstrasi atau panasnya suporter saat laga Persebaya vs Arema FC beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Polda Jatim beberapa waktu lalu juga sempat menjadi Polda pertama yang menggelar Gebyar Expo barang bukti curanmor secara besar-besaran. Saat itu, ada ribuan motor hingga mobil barang bukti curian yang bisa dimiliki dan diambil kembali oleh korban.

Setiap korban yang mengambil kendaraannya tidak dikenakan biaya apapun. Sedangkan untuk kendaraan yang rusak karena telah lama tidak digunakan telah disediakan tempat servis gratis.

"Ini bentuk bukti kami memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan adanya Jogo Jawa Timur. Kita mengungkap kasus banyak dan ini kami kembalikan barang-barang ini secara gratis, tidak dipungut biaya. Dan ini kendaraan-kendaraan ini masih sangat bagus dan kami perlakukan dengan baik yaitu kita tempatkan di tempat yang sebaik mungkin," papar Luki.

Saat penyelenggaran Pilpres 2019, Luki juga disebut mampu menjaga Jatim kondusif. Luki mengatakan kondusifitas di Jatim ini tak lepas dari dukungan Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama, hingga warga Jatim.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2