Malang Raya Akhirnya Sepakat Ajukan PSBB ke Gubernur Jatim

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 15:03 WIB
Malang Raya Akhirnya Sepakat Ajukan PSBB
Tiga kepala daerah di Malang Raya bertemu (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pemerintah daerah di Malang Raya (Kota/Kabupaten Malang dan Kota Batu) akhirnya sepakat mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Alasannya, karena jumlah sebaran virus Corona meluas.

Keputusan pengajuan PSBB disepakati dari rakor yang difasilitasi Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Pemprov Jawa Timur, Selasa (28/4) malam. Usulan PSBB langsung diserahkan ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hari ini.

Pada awal April lalu, tiga kepala daerah Malang Raya sempat bertemu membahas usulan PSBB. Namun, hanya Kota Malang yang bersikukuh mengusulkan, Kabupaten Malang dan Kota Batu belum menyepakati waktu itu.

Hingga kemudian Kota Malang sendiri mengusulkan PSBB melalui Pemprov Jawa Timur. Gubernur kemudian merespon pengajuan PSBB lebih efektif diusulkan tiga daerah di Malang Raya.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, dari hasil rakor telah disepakati Malang Raya akan ajukan PSBB. Keputusan mempertimbangkan peningkatan kasus COVID-19.

"Hasil rapat, semua menyepakati baik Kabupaten Malang dan Kota Batu untuk mengajukan PSBB dengan pertimbangan peningkatan kasus sebaran COVID-19 di wilayah Malang Raya," ujar Sutiaji kepada wartawan, Rabu (29/4/2020).

Senada dengan Sutiaji, Bupati Malang Sanusi menuturkan bahwa jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan. Data terakhir jumlah warga yang terinfeksi virus Corona 28 orang.

Simak juga video 75 Kendaraan Terciduk Ingin Keluar Jabodetabek Via Puncak: