12 Warga di Desa Ponorogo Ini di-Rapid Test, Hasilnya Nonreaktif

Charoline Pebrianti - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 14:50 WIB
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (Foto: Charolin Pebrianti)
Ponorogo -

Sebanyak 12 warga di Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung, Ponorogo menjalani rapid test. Mereka di-rapid test setelah sempat kontak erat dengan pasien positif Corona di desa tersebut.

"Hari ini dilakukan rapid test kepada 12 orang yang kontak dekat dengan pasien dan keluarganya," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada detikcom, Senin (27/4/2020).

Menurut Ipong, sebelum melakukan rapid test kepada 12 orang kontak dekat tersebut pihaknya juga melakukan rapid test kepada ayah pasien yang sebelumnya diketahui mengikuti megengan dan tarawih di musala setempat.

"Kita sudah rapid test ayahnya duluan, hasilnya negatif. Ayahnya hadir di undangan megengan dan ikut taraweh," imbuh Ipong.

Sebelumnya, ada satu pasien positif Corona yang bertempat tinggal di Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung. Pasien tersebut dinyatakan positif dari klaster Jakarta.

Warga yang tinggal di lingkungan setempat pun sempat khawatir dan memilih isolasi mandiri. Alasannya untuk mencegah penularan virus Corona.

Bahkan Kades Ringinputih, Supriadi memerintahkan warganya yang berada di RT 01, RW 01, Dukuh Dawung, Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung untuk melaksanakan ibadah di rumah.

"Masyarakat diberitahu untuk ibadah yang dilakukan berjamaah sebaiknya diganti dengan beribadah di rumah masing-masing," terang Supriadi.

Pun selain itu, pihaknya juga secara swadaya melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah setempat. Penyemprotan rutin dilakukan setiap hari.

"Kebijakan lainnya, yakni pasar desa kita tutup sampai 20 hari ke depan," imbuh Supriadi

Pemerintah: Negara yang Lockdown Bikin Corona Makin Meluas:

(iwd/iwd)