Puluhan Pemuda Ikut Balap Liar di Tengah Pandemi Dibubarkan

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 09:13 WIB
balap liar di banyuwangi dibubarkan
Balap liar di Banyuwangi dibubarkan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Puluhan pemuda mengikuti balap liar dibubarkan Aparat Polsek Glenmore Banyuwangi. Tercatat sebanyak 49 sepeda motor protolan yang digunakan balapan diamankan. Bahkan, saat balapan, mereka nekat menghentikan kendaraan yang berlalu lalang.

Balapan di tengah pandemi COVID-19 ini digelar di Jalan Lintas Selatan (JLS), Kecamatan Glenmore Banyuwangi, Minggu (26/4/2020). Polisi berhasil mengepung lokasi dari berbagai penjuru arah. Meski sebagian kabur, namun 49 kendaraan beserta pemiliknya berhasil diamankan.

"Kita mendapatkan laporan adanya balap liar. Aparat kepolisian melakukan penangkapan para pelaku balap liar. Apalagi ditengah Pandemi COVID-19 ini. Kita lakukan dengan tegas pembubaran balap liar ini," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Senin (27/4/2020).

Total 49 kendaraan motor protolan yang dinamakan. Termasuk joki yang kebanyakan pemilik kendaraan. Selanjutnya, puluhan pemuda itu dilakukan pendataan. Nama dan identitas lengkapnya didata. Usai dibina, mereka diperkenankan pulang dengan syarat.

"Untuk membawa balik sepeda motor harus menunjukkan SIM dan STNK. Khusus yang bodong atau yang tanpa dokumen kelengkapan kendaraan bermotor kita tahan. Bisa diambil jika ada BPKB," pungkasnya.

Sementara Kapolsek Glenmore, AKP Basori Alwi, razia balapan liar ini merupakan yang perdana digelar Polsek Glenmore selama Ramadhan. Lokasi penertiban berada di JLS dekat Industri Gula Glenmore (IGG) di Dusun Kendeng Lembu, Desa Karangharjo.

"Tim kita bagi empat. Tim 1 bertugas melakukan penyelidikan terdiri dua personil bertugas paling awal. Tim ini dipimpin Kanit Reskrim Ipda Didik Hariono. Tim 2,3,4 sebagai tim tindak dengan kekuatan masing - masing 6,6 dan 4 personel," tambahnya.

Sikap tegas diambil demi keselamatan pemotor itu sendiri. Alasan lainnya, aksi para pebalap liar telah meresahkan warga khususnya pelintas JLS. Apalagi COVID-19 mudah menyebar lewat kerumunan.

"Kami tengah berjuang memutus penyebaran virus Corona. Berkerumun saja tidak boleh, lha ini malah balap liar. Saat ini kita bina, lain waktu bisa mengarah ke jalur hukum," sesal kapolsek.

Tonton juga video Ratusan Motor Balap Liar di Makassar Diamankan Polisi:

(fat/fat)