Pemuda yang Pelesetkan Lagu Aisyah Jadi Tersangka Penistaan Nabi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 16:59 WIB
Pemuda yang memelesetkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat dua pasal sekaligus.
Bambang Bima Adhis Pratama (18) yang memelesetkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah/ /Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Pemuda yang memelesetkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan nabi. Ia dijerat dua pasal sekaligus.

Pemuda itu bernama Bambang Bima Adhis Pratama (18). Penetapan tersangka dilakukan setelah ia menjalani pemeriksaan di Subnit Cyber Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Polisi juga sudah mengambil keterangan sejumlah saksi dan memeriksa barang bukti.

"Subnit Resmob Polrestabes Surabaya menangani kasus yang beberapa hari cukup viral terkait penodaan atau penistaan agama," kata Kanit Resmob Iptu Arif Rizky Wicaksana saat rilis di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (24/4/2020).


Menurutnya, kasus ini bermula dari ulah tersangka pada Selasa (14/4). Kala itu tersangka meng-upload video pelesetan Lagu Aisyah Istri Rasulullah hingga akhirnya viral.

"Saudara B (Bambang) meng-upload video tersebut di Instagram strory-nya. Lalu tim kami melakukan cyber patrol, tim kami menemukan file tersebut. Kemudian pada Rabu (15/4) kita mengamankan yang bersangkutan dibantu oleh warga sekitar di kawasan Kalijudan. Kemudian kita periksa dan sejumlah saksi sudah kita periksa terkait perkara ini," imbuh Arif.

Dari hasil pemeriksaan, motif tersangka meng-upload video tersebut terungkap. Tersangka hanya iseng dan dalam pengaruh alkohol.

"Motifnya yang bersangkutan awalnya hanya bercanda dengan teman-temannya dan guyonan bersama teman-temannya. Pada saat itu, yang bersangkutan mengkonsumsi alkohol," terang Arif.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2