Begini Cara Perawat RS Unair Menghibur Diri Usai Rawat Pasien Corona

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 19:41 WIB
tenaga medis rs unair
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Menjadi garda terdepan saat pandemi Corona, tenaga kesehatan sering menghabiskan lebih banyak waktu merawat pasien. Bahkan tak sedikit dari mereka yang tak bisa pulang dan harus menahan rindu kepada keluarganya.

Bukan hanya pasien Corona yang merasa jenuh, tenaga kesehatan pun merasakan hal serupa. Untuk menghilangkan kejenuhan usai merawat pasien Corona, tenaga kesehatan RS Unair Surabaya ini terkadang menghibur diri dengan beragam cara.

"Ada yang buat video (TikTok), saya izin dulu ke promosi kesehatan rumah sakit (PKRS). Saya pernah lihat ada videonya," kata Jubir Tim Satgas Corona RS Unair dr Alfian Nur Rasyid SpP saat dihubungi detikcom, Jumat (17/4/3020).

Namun membuat video TikTok itu tak dilakukan berulang kali. Mereka hanya membuat seperlunya dan hanya dilakukan saat mereka berusaha saling melepas rasa penat.

Meski tak pernah turut dalam video TikTok tersebut, dokter spesialis paru-paru ini mengaku pernah menonton video rekan seprofesinya itu.

"Bukan sering (Buat video), tapi ada lah yang bikin (video TikTok). Perawat sama dokter yang buat. Kebutuhannya untuk melepas penat sebentar," ujarnya.

Alfian menceritakan beragam cara teman-teman perawat melepas jenuh. Kadang membuat tik tok, kadang ada yang bercerita hal-hal yang lucu atau bertukar cerita. Dengan bercanda, jelas dia, tingkat stres akan menurun dan membuat imun tubuh tidak ikut turun.

"Biasanya, kalau pas bersama, guyon sama teman-teman atau cerita-cerita, itu kan sudah menghilangkan stres," imbuhnya.

Mereka, jelas Alfian, juga saling memberi support ke petugas medis. Ini dijadikan sebagai penyemangat saat lelah.

"Kita saling support, saling mengingatkan, saling menghibur diri dan teman-teman di dalam (Ruangan)," pungkasnya.

(fat/fat)