Tiga Pekerja Pabrik Bioetanol Mojokerto Diduga Tewas Keracunan Gas

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 16:45 WIB
Pabrik Bioetanol di Mojokerto
Foto file: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Tiga pekerja pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Mojokerto diduga tewas keracunan gas. Hingga kini polisi masih menyelidiki penyebab tewasnya para korban melalui beberapa strategi.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota AKP Sodik Efendi mengatakan, hari ini Tim Labfor Polda Jatim akan menyelidiki ke lokasi kecelakaan kerja. Tiga pekerja tewas saat membersihkan kolam pengendapan (presettling) milik PT Enero dari lumpur campuran spentwash dan yeast (ragi), Jumat (11/4) pagi.

"Labfor rencana hari ini ke lokasi melakukan penyelidikan untuk memastikan apa yang mengakibatkan meninggalnya korban," kata Sodik saat dikonfirmasi detikcom, Senin (13/4/2020).

Tiga pekerja PT Enero yang tewas yaitu Beni Trio Sucahyo (30), warga Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, serta Bayu Adi Nugraha (30) dan Rudik (45), keduanya warga Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg.

Menurut Sodik, ketiga jenazah korban telah diautopsi di RS Bhayangkara, Surabaya, Minggu (12/4). Dia menyebut tidak ada luka pada tubuh ketiga korban. Hanya saja saat disinggung kondisi tubuh salah satu korban seperti melepuh, dia mengaku kemungkinan terkena panas.

"Kami masih menunggu hasil autopsi apa yang menyebabkan meninggalnya para korban. Tidak ada luka pada tubuh korban. Mungkin (melepuhnya tubuh korban) karena panas," ungkapnya.