MPV Dikemudikan Perwira TNI Ditabrak Truk Hingga Ringsek dan Terguling

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 19:46 WIB
kecelakaan di jombang
Kecelakaan di Jombang (Foto: Istimewa)
Jombang -

Sebuah mobil penumpang jenis Daihatsu Xenia yang dikemudikan perwira menengah TNI ditabrak truk boks di Jombang. Kecelakaan ini membuat dua kendaraan ringsek dan terguling. Dua penumpang Xenia menderita luka serius sehingga dievakuasi ke RSUD Jombang.

Kecelakaan ini terjadi sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB di Jalan Raya Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang. Saksi mata yang juga warga setempat Sutrisno mengatakan, saat kecelakaan terjadi sedang hujan.

Truk boks nopol W 9464 NO melaju dari utara ke selatan atau dari arah Kecamatan Ploso menuju ke Jombang. Tiba di lokasi kecelakaan, truk yang dikemudikan Putut Mujiono (40), warga Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Madiun mendadak oleng ke kanan.

Saat bersamaan melaju mobil Xenia nopol AD 8552 FP dari arah berlawanan, yakni dari Kecamatan Jombang ke Tembelang. Mobil warna silver metalik yang mengangkut 2 penumpang ini dikemudikan perwira menengah TNI AD, Letkol SW (48), warga Blimbing, Malang.

"Awalnya truk boks dari utara, Xenia dari selatan di jalur masing-masing. Yang boks selip menabrak Xenia. Xenia sudah menghindar tetap dihantam truk, truk melaju kencang," kata Sutrisno kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Minggu (12/4/2020).

Kecelakaan ini mengakibatkan dua kendaraan ringsek pada bagian depannya. Mobil Xenia terguling di tepi jalan. Sedangkan truk terguling melintang menutup separuh jalan.

Kanit Laka Satlantas Polres Jombang Iptu Sulaiman menjelaskan, truk boks mendadak oleng ke kanan setelah menyalip sepeda motor di depannya. Diduga truk mengalami selip sehingga sopirnya kehilangan kendali.

"Sopir truk boks kurang bisa mengendalikan kemudi saat kondisi jalan diguyur hujan," terangnya.

Selain dua kendaraan rusak, lanjut Sulaiman, kecelakaan ini mengakibatkan 2 penumpang Xenia terluka. Yakni Surat (55) dan Yusuf Edi Suroso (71), keduanya warga Desa Juwok, Kecamatan Sukodono, Sragen. Mereka telah dievakuasi ke RSUD Jombang.

"Mobil Xenia rombongan dari Malang mau ke Semarang lewat tol (pintu masuk tol Jombang-Mojokerto di Tembelang)," tandasnya.

Sementara sopir dan kenek truk boks selamat. Begitu juga dengan pengemudi mobil Xenia.

(fat/fat)