Stok APD RSUD Nganjuk Menipis, Polisi Kirim Masker dan Vitamin

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:08 WIB
RSUD Nganjuk
Foto: Tangkapan layar
Nganjuk -

Permintaan bantuan RSUD Nganjuk soal Alat Pelindung Diri (APD) direspons polisi. Polisi membantu dengan mengirim masker. Tak hanya itu, polisi juga memberi makanan sehat penambah imun.

"Jadi ini upaya kami dari Sat Lantas Polres Nganjuk untuk memberikan semangat para tim medis yang saat ini APD-nya menipis. Kami berikan masker dan makanan serta vitamin untuk penambah imun," ujar Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Hegy Renanta kepada Wartawan di RSUD Nganjuk, Selasa, (7/4/2020).

Hegy mengatakan bantuan kepada tim medis RSUD Nganjuk dilakukan karena RSUD Nganjuk merupakan RS Rujukan pasien Corona yang ditunjuk oleh Pemprov Jatim.

"Yang jelas semoga bisa bermanfaat dan menjadi semangat para tim medis untuk berjuang menyembuhkan pasien corona," kata Hegy.

Hegy menambahkan selain kepada tim medis RSUD Nganjuk, bantuan makanan sehat dan vitamin serta APD juga diberikan kepada tim medis RS Bhayangkara.

Pemkab Nganjuk telah menyatakan status darurat corona (covid-19) sejak 5 warganya positif corona. Ironisnya, di tengah memerangi corona, Alat Pelindung Diri (APD) tim medis makin menipis.

"Kecukupannya sampai satu Minggu ke depan rata rata (menipis)," terang Jubir Tim Gugus Tugas covid-19 Nganjuk dr Hendriyanto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (7/4/2020).

Kecukupan APD untuk seminggu, kata Hendri, saat posisi pasien berjumlah 4 orang yang dirawat di RSUD Nganjuk dan RS Bhayangkara. Dengan bertambahnya satu pasien positif, kemungkinan besar penggunaan APD tidak cukup untuk seminggu.

"Untuk satu minggu ke depan saat pasien masih 4. Tapi dengan ada satu pasien masuk lagi bisa berkurang lagi, tidak ada satu minggu habis," kata Hendri.

(iwd/iwd)