Tiba di Juanda, 154 Pekerja Migran dari Malaysia Langsung Rapid Test

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 17:59 WIB
ratusan pekerja migarn rapid test di bandara juanda
Ratusan pekerja migarn rapid test di Bandara Juanda (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 154 pekerja migran dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Juanda. Mereka tiba dengan Malaysian Airlines sekitar pukul 15.00 WIB.

Wakil Sekretaris Gugus COVID-19 Jatim Jonathan Judianto mengatakan para pekerja migran yang baru turun dari pesawat langsung digiring melakukan pengecekan kesehatan.

"Ada sebanyak 154. Nah kemarin kita sudah koordinasi protap penanganan dari pekerja migran yang dari Malaysia. Mereka datang sekitar pukul 15.00 WIB," kata Jonathan di Bandara Juanda, Selasa (7/4/2020).

"Kemudian kami lakukan protokol kesehatan kami cek, kami lakukan rapid test," tambahnya.

Menurut Jonathan, dari pemeriksaan kesehatan itu, bagi mereka yang dinyatakan negatif corona akan diperbolehkan pulang ke daerah masing-masing. Sedangkan bagi yang terindikasi positif corona maka akan mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tim medis yang telah siaga.

"Jadi kalau yang indikasi negatif itu segera kami siapkan kendaraan untuk diantar ke daerahnya masing-masing," beber Jonathan.

"Yang indikasi positif nanti itu akan dilakukan penanganan, selanjutnya sudah kita siapkan ambulance beserta pengawalan dan langkah-langkah selanjutnya," tambahnya.

Pantauan di lokasi, sekitar 154 pekerja migran itu harus melalui pengecekan kesehatan yang dipanggil satu persatu di gate 9. Sedangkan meja pengecekan petugas yang disediakan ada 9 unit.

Sebelum dilakukan rapid test, para pekerja migran harus mengisi formulir dan wawancara. Baru setelah itu mereka kemudian diambil darahnya untuk dilakukan rapid test.

(fat/fat)