Pantau Pemudik, 7 Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 Disiapkan di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 22:57 WIB
polres jombang
Salah satu posko yang dibuat Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Polres Jombang membuat 7 posko mudik dan pelayanan Covid-19 untuk memeriksa para pemudik yang pulang dari perantauan. Pemeriksaan ini untuk mendeteksi para pemudik yang terindikasi terjangkit virus corona agar tidak menularkan ke warga Kota Santri.

Posko mudik dan pelayanan Covid-19 dibuat Polres Jombang di wilayah perbatasan dan tempat pemberhentian angkutan umum. Yaitu di Jalan Raya Bandar Kedungmulyo, Raya Ploso, Stasiun KA Jombang Jalan Basuki Rahmat, Jalan Raya Ngoro, Terminal Kepuhsari Jalan Mastrip, pintu Tol Jombang Jalan Raya Tembelang, serta di Jalan Raya Mojoagung.

"Kami membuat 7 posko mudik dan pelayanan Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang," kata Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan kepada detikcom, Kamis (2/4/2020).

Di setiap posko mudik dan pelayanan Covid-19, lanjut Boby, petugas menerapkan sejumlah prosedur terhadap setiap pemudik dan warga luar daerah yang akan masuk ke wilayah Kota Santri. Mulai dari mendata identitas, riwayat penyakit, hingga memeriksa suhu tubuh mereka menggunakan thermogun.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan social distancing dan physical distancing saat di ruang publik, menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta agar tetap di rumah selama tidak ada keperluan yang sangat penting," terangnya.

Sejauh ini, tambah Boby, pihaknya telah memeriksa 240 pemudik di 7 posko mudik dan pelayanan Covid-19. "Alhamdulillah kami tidak menemukan pemudik maupun pendatang yang sakit," tandasnya.

(iwd/iwd)