Jaga Probolinggo Zero Positif Corona, Check Point Didirikan di Batas Wilayah

M Rofiq - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 19:39 WIB
check point di probolinggo
Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Hingga saat ini Probolinggo masih nihil dari warga yang dinyatakan positif Covid-19. Data terakhir, jumlah PDP 4 orang dengan rincian 1 dalam perawatan, 1 meninggal, dan 2 sembuh.

Tak mau kecolongan, Pemkab Probolinggo mulai mendirikan 'Check Point' untuk memantau pergerakan warga yang masuk Probolinggo. Check poin sendiri ditempatkan di tiga pintu masuk Probolinggo. Arah dari Pasuruan ditempatkan di Tongas, Arah dari Lumajang ditempatkan di Leces, dan Arah dari Situbondo ditempatkan di Paiton.

Saat memantau 'CheckPoint' di Rest Area Tongas, Bupati Probolinggo Puput Tantrianasari mengatakan pendirian 'CheckPoint' adalah langkah pencegahan penyebaran Covid-19 ke Probolinggo.

Mekanismenya setiap orang di dalam kendaraan yang masuk Probolinggo akan diperiksa suhu tubuhnya apakah melebihi batas normal atau tidak. Dan jika kedapatan sakit, yang bersangkutan akan langsung diarahkan ke petugas medis untuk diperiksa lebih lanjut dan diberi obat serta vitamin.

"Pendirian checkpoint ini akan terus ada sampai situasi benar-benar aman dari Virus Corona. Supaya penyebarannya tidak sampai ke Kabupaten Probolinggo," terang Puput kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Sementara hasil pemeriksaan setiap penumpang kendaraan, didapati beberapa orang memiliki suhu 37,9 sampai 38.3 derajat celcius. Mereka langsung diarahkan ke petugas medis guna mendapatkan penanganan.

Sebagai informasi, sejumlah desa di Probolinggo sudah mulai melakukan pembatasan. Baik bagi warga yang keluar rumah maupun warga luar yang akan masuk ke sebuah desa.

(iwd/iwd)