22 Pasien Positif Corona di Jatim Sembuh, Persentase Kesembuhan Capai 21%

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 15:01 WIB
Persentasi Kesembuhan penderita coroba Capai 21%
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Sebanyak lima pasien positif corona atau covid-19 di Jawa Timur kembali dinyatakan sembuh. Kini, total ada 22 pasien positif corona di Jatim yang hasil tesnya negatif atau dinyatakan sembuh.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan persentase kesembuhan pasien positif corona di Jatim mencapai 21%. Khofifah menyebut persentase kesembuhan pasien lebih besar daripada meninggalnya pasien yang mencapai 8,7%.

Dari data yang dihimpun, total ada 103 pasien positif corona di Jatim. Saat dikurangi 9 pasien yang meninggal, kini RS di Jatim hanya merawat 72 pasien saja.

"Dari 103 yang sudah (positif) dikonfirmasi sembuh bertambah 5 menjadi 22 orang," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya,Rabu (1/4/2020).

Khofifah mengatakan lima pasien yang sembuh ini berasal dari Magetan. Pasien ini dirawat di RSUD dr Soedono Madiun.


"Alhamdulillah dari 8 pasien positif corona dari Magetan yang dirawat di Soedono Madiun, lima orang sudah dinyatakan terkonfirmasi negatif atau sembuh," papar Khofifah.

Sedangkan pasien sembuh menjadi 22 orang. Rinciannya 13 orang dari Kota Surabaya, 1 orang dari Kabupaten Blitar, 3 orang dari Kota Malang, dan 5 orang dari Kabupaten Magetan.

Sementara data Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 7.328 orang yang meningkat dari hari sebelumnya 6.565 orang. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), menjadi 536 orang meningkat dari hari sebelumnya yaitu 420 orang.

Adanya penambahan ODP dan PDP ini, Khofifah memaparkan tim tracing telah cukup detail dalam mengelompokkan baik ODP maupun PDP.

Untuk datanya, merupakan data kumulatif sejak 18 Maret. Dari 536 kasus kumulatif PDP, diketahui ada yang dinyatakan positif, ada yang meninggal, dan ada yang sudah selesai dalam pengawasan. Sehingga total PDP sebenarnya menjadi 353 kasus.


Sedangkan untuk ODP, dari 7.328 total kasus kumulatif sampai dengan hari ini, ada orang yang selesai dalam pemantauan. Sehingga, total ODP menjadi 5.919. Hal ini menunjukkan efektifnya upaya isolasi mandiri yang dilakukan oleh ODP.

"Saya ingin mengclearkan bahwa data-data yang kita sajikan ini adalah kasus kumulatif sejak 18 Maret. Baik untuk kasus pasien positif Covid-19, ODP, maupun PDP," terang Gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Sementara Khofifah pun berterima kasih kepada para tenaga medis yang telah berjuang.

"Kembali kami ingin memberikan apresiasi pada tenaga kesehatan yang sudah memberikan layanan terbaiknya untuk memberikan harapan semua pada warga Jatim terutama yang sudha terkonfirmasi positif saya ingin menyampaikan tetap semangat karena 21% sudah terkonfirmasi negatif atau sembuh," pungkas Khofifah.

(hil/fat)