Tambah Satu, Total PDP Meninggal di Sidoarjo Jadi 3

Suparno - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 19:09 WIB
rsud sidoarjo
Ruang isolasi corona RSUD Sidoarjo (Foto: Istimewa)
Sidoarjo -

Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sidoarjo meninggal. Pasien tersebut meninggal di rumah sakit rujukan dan telah dimakamkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriwarman mengatakan PDP yang meninggal adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun. Pasien meninggal tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

"Jenazah langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Delta Praloyo Kelurahan Gebang Jalan Lingkar Timur Sidoarjo," kata Syaf kepada wartawan di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (1/4/2020).

Saat ditanya dari mana PDP tersebut berasal, Syaf beralasan. "Waduh lupa," kata Syaf sambil memegang keningnya.

Dengan meninggalnya satu PDP ini berarti ada 3 PDP yang meninggal di Sidoarjo. Dua PDP sebelumnya meninggal pada Sabtu (28/3). Status mereka belum dipastikan positif atau negatif karena hasil tes swab belum keluar.

Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syarifuddin mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat ruang isolasi pasien virus corona. Ruang isolasi yang awalnya direncanakan di Puskesmas Sidodadi akhirnya dibatalkan karena penolakan warga.

"Kami selaku ketua tim Satgas Gugus Convid-19 Kabupaten Sidoarjo. Sudah menetapkan tambahan ruang isolasi itu di daerah Kecamatan Tulangan," kata Cak Nur.

Cak Nur mengatakan lokasi tersebut sebagai ruang isolasi tambahan apabila 5 rumah sakit rujukan di wilayah Sidoarjo tidak mencukupi menerima pasien corona. Di tempat yang baru itu tersedia 38 ruangan dan dalam waktu dekat pihaknya segera mengirim kelengkapan yang dibutuhkan.

"Sampai saat ini di wilayah Sidoarjo ada pasien ODP 182, PDP 65 dan positif 10," jelas Cak Nur.

(iwd/iwd)