Jalan Darmo dan Tunjungan Ditutup, Aktvitas Perkantoran Bakal Berhenti?

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 18:47 WIB
Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan ditutup
Jalan Darmo ditutup (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Jalan Raya Darmo dan Tunjungan Surabaya akan ditutup di waktu tertentu mulai besok hingga dua minggu ke depan. Penutupan ini untuk segala jenis kendaraan dan semua aktivitas masyarakat.

Lalu, bagaimana dengan sejumlah bank hingga hotel yang berada di jalan tersebut?

Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan mengatakan baik bank hingga hotel di daerah tersebut masih tetap buka seperti biasa.

"Bank atau hotel masih buka," kata Budi kepada detikcom di Surabaya, Selasa (31/3/2020).

Budi mengatakan nasabah bank, pengunjung hotel hingga karyawan di ruas jalan tersebut tetap diperbolehkan melintas. Budi menyebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif.

"Tetap bisa melintas. Lewat jalan belakang atau samping. Kami sudah buat jalur alternatif," imbuhnya.

Dari data yang dihimpun, jika melewati Jalan Darmo, pengguna jalan dari arah Wonokromo bisa melalui Jalan Diponegoro-Pasar Kembang-Kedungdoro. Sedangkan dari arah selatan, kendaraan dari Wonokromo bisa putar balik di depan Kebun Binatang Surabaya lewat Darmo Kali dan Jalan Ngagel.

Untuk pengguna jalan dari arah utara atau Urip Sumoharjo yang mengarah ke selatan Jalan Darmo, simpang empat Jalan Dr Soetomo dialihkan ke Jalan Dr Soetomo, Jalan Diponegoro atau Jalan Polisi Istimewa-Jalan Dinoyo.

Sementara untuk pengalihan arus Jalan Tunjungan, kendaraan belok kiri ke Jalan Genteng Kali. Sedangkan kendaraan yang mengarah ke Blauran dan Jalan Kranggan diluruskan ke utara Jalan Bubutan.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan memaparkan Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan sudah ditutup selama tiga hari saat uji coba Mulai Jumat (27/3) hingga Minggu (29/3). Kini, jalan tersebut akan ditutup setiap hari.

"Sudah kemarin tiga hari uji coba untuk Jalan Darmo dan Tunjungan, mulai besok setiap hari pada jam padat ditutup," kata Luki kepada detikcom di Surabaya, Selasa (31/3/2020).

Luki menambahkan penutupan jalan untuk kendaraan dan segala aktivitas masyarakat akan diterapkan pada jam-jam tertentu.

"Pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB dan malam pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB. Kecuali libur mulai pukul 18.00 WIB sampai 06.00 WIB," papar Luki.

(hil/iwd)