Satpas Colombo Kembali Dibuka, Protokoler Kesehatan Dijalankan

Deny Prastyo - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 15:38 WIB
Satpas Colombo
Sebelum masuk ruang pelayanan, pemohon dithermal gun (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Pelayanan pengurusan SIM di Satpas Colombo kembali dibuka untuk umum, setelah ditutup sementara beberapa waktu lalu. Untuk pencegahan wabah covid-19, polisi memberlakukan protokoler kesehatan.

Selain penerapan protokoler kesehatan, polisi juga membatasi waktu pengurusan SIM di Satpas Colombo. Sedangkan pelayanan SIM keliling dan di mal pelayanan publik ditutup untuk sementara.

"Khusus Satpas Colombo saja, kalau yang lain tutup. Tapi jam operasional dibatasi," kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra saat dikonfirmasi detikcom, Kamis(26/3/2020).

Teddy menambahkan jam opersional dibuka mulai hari Senin-Kamis mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan hari Jumat dan Sabtu mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

"Sedangkan untuk dispensasi perpanjangan diberlakukan sampai tanggal 30 Maret," ujar Teddy.

Dalam pelayanan SIM di Satpas Colombo, protokoler kesehataan tetap diperlakukan sebagai upaya pencegahan wabah Covid-19. Salah satunya menerapkan social distancing.

"Yang pertama kami sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan. Ditempatkan dua petugas kesehatan di Satpas Colombo. Kemudian langkah yang diambil setiap hari pelayanan publik di Satpas ruangan-ruangan akan disemprot disinfektan," lanjut Teddy.

Selanjutnya, pihaknya juga menerapkan social distancing atau mengatur jarak antrean pemohon SIM mulai dari depan hingga ruang tunggu minimal satu meter. Kemudian pengunjung harus melewati bilik sterilisasi otomatis mencuci tangan, deteksi suhu tubu dengan thermal gun dan keluar akan dilakukan penyemprotan disinfektan lagi.

"Kemudian saat ujian terori peralatan kita semprot dulu, lalu kita bersihkan.Waktu ujian praktek juga gagang motor dan persneling serta setir kita semprot dulu secara bergantian dan kita bersihkan juga. SOP protokoler sudah kita matangkan atau lakukan," tandas Teddy.

(iwd/iwd)