Ada 33 ODP, Bupati Anna Instruksikan Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Langkah Ini

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 19:01 WIB
odp di bojonegoro
Peta sebaran covid-19 di Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Bertambahnya warga yang masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP) membuat Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengambil kebijakan dan instruksi. Agar para petugas Gugus Tugas Covid 19 mulai tingkat Kabupaten, kecamatan hingga desa untuk terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Dalam surat tertanggal 25 maret 2020, yang ditanda tangani oleh Bupati Bojonegoro itu, terdapat beberapa langkah penting yang diambil Pemkab Bojonegoro yang harus ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh para petugas Gugus Tugas Covid 19.

Adapun langkah tegas yang diintruksikan Bupati Anna itu di antaranya adalah pertama, mulai tanggal 25 Maret 2020 untuk melakukan tindakan pembubaran paksa terhadap masyarakat yang nongkrong di warung, kafe, tempat-tempat hiburan atau tempat berkumpulnya kerumunan orang yang lebih dari 4 orang.

Kedua, terhadap toserba, minimarket agar mengatur orang yang masuk supaya tidak lebih dari 5 orang dan mengatur antrean, serta tetap menyediakan dan mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus corona dengan Sosial Distance (mengatur jarak) minimal 1 meter antar konsumen.

Ketiga, terhadap toko swalayan (Bravo, Giant, Samudra, KDS) agar membatasi pengunjung yang masuk paling banyak 40 orang serta tetap menyediakan dan mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus corona dengan Sosial Distance (mengatur jarak) minimal 1 meter antar konsumen.

Keempat, jam tutup untuk toko swalayan, toserba, minimarket atau sejenisnya dibatasi paling lambat pukul 21.00 WIB dan yang kelima yakni, Bagi yang tidak mematuhi atau mengindahkan peringatan ini akan dilakukan tindakan sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku.

"Ini dilakukan karena kondisi grafis orang dalam pemantauan di Bojonegoro terus bertambah saat ini. Sehingga Bupati mengambil langkah tegas," ujar Kabag Humas dan protokol Pemkab Bojonegoro Masirin, Rabu ( 25/3/2020).

Disampaikan oleh Masirin, untuk update ODP di Bojonegoro hingga sore ini sebanyak 33 orang, termasuk di dalamnya jumlah ODP baru 4 orang dan ODP yang telah selesai dalam Pemantauan sebanyak 6 Orang.

33 ODP itu ada di kecamatan Bojonegoro Kota, Kedewan, Kasiman,Purwosari, Gayam, Kalitidu, Trucuk, Dander, Sekar, Sugihwaras, Balen, Sumberjo,
dan Kepohbaru.

Grafik menunjukkan terdapat peningkatan jumlah ODP yang tersebar di beberapa wilayah, untuk itu diharap masyarakat terus bekerjasama untuk saling menjaga dengan melakukan social distancing, tetap di rumah, tidak nongkrong, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan masing-masing.

Aparat pemerintah melalui jajaran satpol pp, Dishub, Damkar, serta jajaran keamanan dan instansi vertikal akan melakukan penertiban masyarakat yang masih banyak berkumpul di luar rumah demi menekan penyebaran Covid-19.

(iwd/iwd)