Empat Kapal TNI dan Polri Amankan Selat Bali Saat Nyepi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 16:36 WIB
pengamanan nyepi
Empat Kapal TNI dan Polri Amankan Selat Bali Saat Nyepi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pengamanan di Selat Bali diperketat saat umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi 2020. Pengamanan perairan yang memisahkan Pulau Jawa dan Bali melibatkan 4 kapal milik dari TNI AL dan Polresta Banyuwangi.

Empat kapal tersebut adalah KRI Sampari, KAL Tabuhan dan 2 Kapal milik Satpolairud Polresta Banyuwangi. Patroli laut ini digelar berkeliling di sekitar Pulau Bali dan Jawa. Mereka juga mengecek Kapal-kapal yang bersandar di sekitar pelabuhan Ketapang, yang saat ini lego jangkar tak melayani penyeberangan karena penutupan pelabuhan pada perayaan Nyepi, Rabu (25/3/2020).

"Kami lakukan patroli keliling Selat Bali. Bersama 4 kapal dari Polri dan TNI AL," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom.

Pengamanan ini, kata Kapolresta, untuk memberikan rasa aman perayaan Nyepi di Banyuwangi. Kegiatan ini juga untuk memperingatkan nelayan-nelayan yang mencari ikan agar tak mendekat atau bersandar di Pulau Bali.

"Nelayan kita juga lakukan antisipasi jangan sampai bersandar di Bali," tambahnya.

Selain pengamanan perayaan Nyepi, 4 kapal yang berlayar beriringan ini juga meminta kepada kapal-kapal besar membersihkan kapal dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Agar antisipasi penyebaran covid-19 bisa teratasi dengan baik di Indonesia.

"Kita juga lakukan sosialisasi kepada operator kapal atau yang saat itu berlabuh melakukan penyemprotan disinfektan saat kapal libur melayani penyebrangan," pungkasnya.

Sementara itu, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal menambahkan, kegiatan pengamanan Selat Bali rutin digelar oleh Lanal Banyuwangi. Namun pada perayaan Nyepi ini penambahan personel dilakukan. Termasuk menambah armada kapal yang melakukan pengamanan.

"Kebetulan saat ini ada KRI Sampari yang membantu pelaksana pengamanan ini," tambahnya.

Pelaksanaan pengamanan di Selat Bali, kata Danlanal, dilakukan oleh KAL Tabuhan yang dibantu oleh kapal Satpolairud Polresta Banyuwangi.

"Sementara KRI Sampari juga melakukan pengamanan di sebelah Utara Bali. Adanya KRI di Selat Bali ini karena perairan Selat Bali masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Makanya kita pastikan keamanan Nyepi di Bali aman,"pungkasnya.

Simak juga video Anies: Kegiatan Nyepi dengan Keramaian di Jakarta Ditiadakan:

(iwd/iwd)