Ini Kata Gereja Pantekosta Menganti Tetap Ibadah di Tengah Wabah Corona

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 19:32 WIB
Pendeta gereja Pantekosta Menganti Satelit Indah, Gresik
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Menganti Satelit Indah, Gresik menerapkan imbauan pemerintah. Seperti jaga jarak batas satu kursi, cuci tangan sebelum masuk dan memakai hand sanitizer.

Pdt Richardo Nainggolan. M.Th (KP Jurnalis GPdI) menjelaskan pengumuman status darurat dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mepet dengan jadwal kebaktian pada Minggu (22/3). Maka dalam pertemuan pada Jumat (20/3) di Gedung Grahadi dengan pimpinan gereja se-Jatim mengizinkan melakukan ibadah di gereja, namun tetap menjalankan SOP.

"Tetapi dengan SOP ketat satu meter jarak, cuci tangan dulu, kalau memungkinkan cek suhu badan di pintu masuk. Kita imbau, kita serukan itu gereja-gereja gang memang harus melalukan kegiatan karena suatu hal yang tidak bisa dihindari lakukan SOP ketat," jelas Richardo di kantor detikcom Surabaya, Selasa (24/3/2020).

"Faktanya, cukup banyak gereja yang sudah meliburkan dan ibadah live streaming online," katanya.

Soal GPdI Menganti Satelit Indah, Gresik, Richardo sudah mendapat informasi dari gembala yang bersangkutan. Bahwa sudah dibuat jarak dari biasanya duduk berdempetan. Sebelum masuk ibadah juga melakukan cuci tangan dan durasi ibadah diperpendek.

"Jadi tidak benar jika GPdI mengabaikan imbauan pemerintah seperti dalam pernyataan Ketua PGI Indonesia (Gomar Gultom). Sebagai kritik kami, GPdI ini bukan anggota PGI. Pak Gomar terlalu terburu-buru melontarkan statement terkait berita hari Minggu. Lebih pas dikomentari ketua PGPI aras yang menaungi kami," paparnya.

Richardo menegaskan social distancing di GPdi Menganti tidak sebesar gereja pada umumnya.

"Maka yang beliau lakukan satu kursi. Duduk berjarak satu kursi, karena kalau diterapkan satu meter memang agak sulit. Sudah dibuat jarak, tidak mengabaikan social diatance," katanya.

Sementara itu pekan depan akan meliburkan kegiatan ibadah di gereja hingga pemerintah pusat mengatakan Indonesia aman. Untuk sementara waktu, ibadah akan diadakan melalui live streaming.

"Beberapa yang mempunyai alat pendukung saya kira melakukan itu, live streaming melalui siaran langsung fb, instagram," ujarnya.

Sedangkan Pdt. Adi Kristiono (Gembala GPdI Menganti Satelit Indah, Gresik) mengatakan, GPdI mulai libur pekan depan. "Tapi di Menganti baru Minggu besok," pungkasnya.

(fat/fat)