26 Terminal Tipe B Se-Jatim Disemprot Disinfektan Antisipasi Corona

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 16:52 WIB
penyemprotan disinfektan terminal di jatim
Foto: Istimewa
Surabaya -

26 Titik terminal tipe-B di Jawa Timur disemprot disinfektan. Puluhan terminal ini disemprot menyusul jumlah pasien positif corona di Jawa Timur terus bertambah.

Terminal itu disemprot disinfektan sejak awal pekan lalu. Selain penyemprotan disinfektan, juga disediakan tempat cuci tangan dengan sabun, serta cairan hand sanitizer.

"Penyemprotan bisa 3 kali dalam sehari. Nantinya terminal-terminal tipe B di seluruh Jawa Timur akan disanitasi," kata Kadishub Provinsi Jawa Timur, Nyono saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (21/3/2020).

Nyono membeberkan penyemprotan dilakukan di titik-titik tempat berkumpulnya penumpang di terminal. Seperti ruang tunggu, toilet, tempat parkir hingga tempat naiknya penumpang ke bus.

"Sebelum masuk bus, penumpang juga diwajibkan membasuh tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembersih tangan, bus juga disemprot disinfektan sebelum berangkat, meliputi bagian bagasi atas, tempat pegangan penumpang, bagian pegangan pintu bus, tempat duduk dan seluruh bagian dalam bus" jelasnya.

Di lokasi terminal juga disediakan ruang pos pelayanan kesehatan khusus untuk pemeriksaan penumpang yang mengalami gejala Covid-19 seperti suhu tubuh meningkat, flu dan batuk dengan alat thermal gun. Hal itu menurut Nyono untuk memastikan setiap terminal telah memiliki SOP penanganan Covid-19 sesuai arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Jadi kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan daerah setempat, penumpang dengan gejala Covid-19 akan diproses sesuai SOP penanganan kesehatan terkait Covid-19 yang berlaku," terang Nyono.

Tidak hanya di terminal kata Nyono, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur juga mengkoordinasikan penyemprotan disinfektan di fasilitas perhubungan lainnya seperti di pelabuhan dan bandara.

"Semua pintu pintu masuk perjalanan oraang dan barang dari dan ke Jawa Timur harus dipastikan melakukan SOP perhubungan penanganan Covid 19 ini, sehingga ruang gerak penyeberan virus ini bisa kita tekan," jelasnya.

Dia memastikan, dishub bahu membahu melaksanakan arahan Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan SOP penanggulangan Covid-19 bidang perhubungan sesuai dengan kewenangannya.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan tenang, serta menghilangkan kepanikan kepada seluruh pengguna angkutan umum di Jawa Timur. Yang penting lagi, masyarakat diimbau tidak melakukan perjalanan bila tidak sangat urgen dan sangat penting untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 ini," ujarnya.

Berikut daftar terminal tipe B yang disemprot cairan disinfektan:
1. Terminal Padangan (Bojonegoro)
2. Terminal Temayang (Bojonegoro)
3. Terminal Betek (Bojonegoro)
4. Terminal Lamongan (Lamongan)
5. Terminal Bunder (Gresik),
6. Termibal Larangan (Sidoarjo)
7. Terminal Kertajaya (Mojokerto),
8. Terminal Anjuk Ladang (Nganjuk)
9. Terminal Caruban (Madiun)
10. Terminal Maospati (Magetan)
11. Terminal Magetan (Magetan)
12. Terminal Ngadirajo (Pacitan)
13. Terminal Kesamben (Blitar),
14. Terminal Batu (Kota Batu),
15. Terminal Hamid Rusdi (Kota Malang)
16. Terminal Landungsari (kota Malang)
17. Terminal Untung Suropati (Pasuruan)
18. Terminal Minak Koncar (Lumajang)
19. Terminal Ambulu (Jember)
20. Terminal Arjasa (Jember)
21. Terminal Bondowoso (Bondowoso)
22. Terminal Situbondo (Situbondo)
23. Terminal Brawijaya (Banyuwangi)
24. Terminal Trunojoya (Sampang)
25. Terminal Bangkalan (Bangkalan)
26. Terminal Ronggo Sukowati (Pamekasan).

Jika Hasil Tes Negatif Corona, Social Distancing Tetap Diperlukan!:

(fat/fat)