Bilik Sterilisasi Anticorona Pesanan Risma Diterima di Rumdin, Ini Bentuknya

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 14:13 WIB
Tiga Bilik Sterilisasi corona
Risma di bilik sterilisasi anticorona (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima bilik sterilisasi anti corona dari Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) di rumah dinasnya. Ada dua model yang diterima, yakni sterilization chamber atau bilik sterilisasi dan sterilization tunnel atau sterilisasi terowongan.

Menurut Risma, saat ini banyak yang membuat teknologi sterilisasi untuk badan. Risma berpikir teknologi seperti ini lebih sempurna untuk disinfektan dibanding dengan cuci tangan biasa.

"Tadi disampaikan virus covid itu dia bahannya kayak lemak. Jadi sebetulnya sabun itu juga bisa membunuh tapi kalau cuman cuci tangan kita ndak tahu dia nempelnya dimana. Tapi kalau ini seluruh badan bisa kena," kata Risma di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Sabtu (21/3/2020).

Bilik dan dan terowongan sterilisasi ini nantinya akan dibuat sebanyak-banyaknya. Risma ingin teknologi sterilisasi itu disebar di seluruh Surabaya.

Risma juga meminta tiga bilik dan terowongan sterilisasi ke ITTS. Sebab Pemkot Surabaya mendapatkan gratis.

"Kan ini semua gratis aku dapat. Tapi Cipta Karya tak suruh bikin buat kayak gitu. Mudah-mudahan percepatannya lebih banyak lagi," ujarnya.